Mohon tunggu...
Muhammad Daud
Muhammad Daud Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Seorang mahasiswa biasa yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Rencana Pengadaan Bank Sampah di Kelurahan Tamansari oleh Kelompok 70 KKN UPI 2022

9 Agustus 2022   17:45 Diperbarui: 9 Agustus 2022   18:00 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bandung, Juli - Agustus 2022 kelompok 70 KKN UPI melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di keluurahan Tamansari kota Bandung. Dengan mengangkat tema KKN "Konsumsi dan Produksi Desa" ada salah satu indikatornya yang berkaitan dengan penanggulangan sampah. 

Salah satu cara untuk menanggulangi sampah di perkotaan adalah dengan adanya Bank Sampah. Bank Sampah merupakan tempat pengumpulan dan pemilahan sampah yang dapat diaur ulang dan juga memiliki nilai ekonomi. 

Bank sampah merupakan tempat penukaran sampah dengan uang. Dengan adanya bank sampah ini masyarakat diharapkan untuk memilah sampah sendiri dan menukarnya ke bank sampah untuk menanggulangi sampah yang dibuang sembarangan.

Rencana pengadaan bank sampah di kelurahan Tamansari ini dilakukan dengan melalui dua tahap, yaitu persiapan dan pelaksanaan. Dalam tahap yang pertama yaitu tahap persiapan, kelompok 70 KKN UPI melakukan analisa dan survei lapangan. Survei dilakukan untuk menambah pengetahuan mengenai bank sampah. Dan juga membuat perencanaan untuk mengadakan bank sampah di beberapa RW di kelurahan Tamansari, kota Bandung.

Kelompok 70 KKN UPI telah melaksanakan survei ke Bank Sampah Induk (BSI) di Sadang Serang, Kota Bandung. Kelompok 70 KKN UPI menemui pengurus bank sampah induk dan mendapat penjelasan tentang bank sampah. Setelah melakukan survei ke Bank Sampah Induk, Kelompok 70 KKN UPI juga melakukan survei ke Bank Sampah Unit yang ada di Padasuka dan Kiaracondong. 

Survei ke bank sampah unit dilakukan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan bank sampah.

Dokpri
Dokpri

Kelompok 70 KKN UPI juga melaksanakan sosialilasi kepada warga RW 04 dan 13. Sosialisasi ini dilakukan untuk mengenalkan bank sampah kepada warga sekitar. 

Setelah sosialisasi dilakukan, Kelompok 70 KKN UPI mengadakan penukaran sampah dengan sabun cuci piring dan sabun cuci pakaian. 

Warga yang datang ke tempat sosialisasi membawa sampah dapat menukarkannya dengan sabun cuci piring dan sabun cuci pakaian saat sosialisasi telah selesai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan