Muhammad Dairobi
Muhammad Dairobi Wiraswasta

Learner and will always learn whatever it is!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ruangguru, Solusi Belajar Masa Kini

16 Mei 2019   23:26 Diperbarui: 17 Mei 2019   05:54 132 0 1
Ruangguru, Solusi Belajar Masa Kini
Logo Ruangguru

Sebelum membahas tentang Ruangguru, kita harus mengetahui apa itu Ruangguru. Ruangguru adalah Bimbel/Les secara Online yang materi pembelajarannya tersedia dari jenjang dari kelas 1 SD - 12 SMA dan dari berbagai kurikulum yaitu K13, K13 Revisi, dan KTSP. Sistem les online berbasis aplikasi Android pun semakin marak setelah kehadiran aplikasi Android Ruangguru pada tahun 2016. Lalu apa saja kelebihan Ruangguru dibanding les online lain yang berbasis online di Indonesia. Program unggulan Ruangguru yaitu Ruangbelajar terbagi menjadi 2, yaitu Ruangbelajar by Handphone, dan juga Ruangbelajar by Desktop. Berikut beberapa kelebihan Ruangbelajar by Handphone yang bisa menjadi pertimbangan kalian untuk berlangganan Ruangguru.

- Sistem Ruang Belajar

Sistem Ruang Belajar yang dimiliki Ruangguru menunjang siswa mengakses materi kapanpun dan juga dimanapun, apalagi dengan adanya tuntutan pada kurikulum K13 dimana terkadang guru berdalih siswa harus lebih aktif dari guru sehingga siswa belajar sendiri materi yang ada di buku tanpa memahami apa yang ada. Ruangguru ada sebagai penunjang materi yang bahkan bisa kita lebih pahami dari materi yang dijelaskan di sekolah karena dapat diulang ulang, bisa diakses sesuai dengan kehendak kita, lalu adanya materi rangkuman setiap selesai suatu sub-bab dan juga adanya soal dari tingkatan mudah sampai ke tingkatan HOTS membuat kita lebih siap dalam menghadapi soal, bahkan soal UN sekalipun.

Adanya guru yang ahli di bidangnya masing-masing pun juga sangat membantu karena terkadang di sekolah ada beberapa guru yang tidak mengajar sesuai dengan ahlinya karena hanya untuk memenuhi jam mengajar guru tersebut.

Interface RuangBelajar
Interface RuangBelajar

- Adanya Bank Soal

Bank soalpun hadir jika kita merasa masih kekurangan dengan soal yang ada, berbagai soal dari soal UN tahun lalu, soal UTS Semester Ganjil/Genap, UAS dan juga Soal SBMPTN dapat kita kerjakan di Aplikasi Ruangguru. Dengan adanya bank soal bawaanpun kita tidak harus ribet searching google kesana kemari untuk meliat soal tahun lalu, cukup buka Ruangguru dan semuanya lengkap.

Contoh Latihan yang ada di Aplikasi Ruangguru
Contoh Latihan yang ada di Aplikasi Ruangguru

- Rangkuman yang Menarik Setiap Selesai suatu Sub Bab

Setelah kita selesai menonton suatu materi pembelajaran maka akan ada satu halaman terakhir yaitu rangkuman, namun rangkuman disini bukan seperti rangkuman yang ada di buku pelajaran yang berbentuk kotak dan hanya ada teks tentang berbagai macam. Rangkuman di ruangguru dikemas dengan background yang sesuai denga tema dan juga teks penunjang sebagai penjelas dari suatu gambar yang ada.

Salah satu contoh rangkuman yang ada di situs Ruangguru
Salah satu contoh rangkuman yang ada di situs Ruangguru

- Catatan Squad Ruangguru 

Juga merupakan suatu fitur unggulan dari Ruangguru dimana sesama pengguna Ruangguru bisa membagikan rangkumannya setiap bab, namun lagi lagi kebanyakan rangkuman dicatat dengan menarik, walaupun tanpa gambar seperti yang disediakan oleh Ruanggurunya sendiri namun, kebanyakan menggunakan Spidol yang berwarna dan juga tulisan yang beragam sehingga ketika kita membaca tulisan sesama pengguna Ruangguru, kitapun tidak kalah kagum dengan rangkuman yang disediakan dari aplikasi.

Salah satu catatan squad Ruangguru
Salah satu catatan squad Ruangguru

- Video bisa di Download dan di Taruh di SD Card

Lalu sebagian orang mungkin bertanya, "Saya kan tidak menggunakan wifi, lalu apakah menggunakan ruangguru boros seperti menonton di youtube?" Memang kuota yang digunakan kurang lebih dengan yang kita pakai di Youtube, namun sekarang ada fitur untuk mendownload video pembelajaran yang ada sehingga kita bisa mengurangi pengeluaran kuota kita jika kita tidak menggunakan wifi.

Sejauh ini saya sudah mendownload sebuah tentang "Pengertian dan Manfaat Pendapatan Nasional" sepanjang 6 menit yang berkapasitas sebesar 70Mb di resolusi 720p, dan juga ada sebuah fitur baru dimana video yang kita download tetap di akses di aplikasi Ruangguru namun bisa kita taruh di SD Card ketika Internal Memory kita mungkin sudah kepenuhan. Salah satu fitur kecil yang kadang kita baru sadari kegunaanya setelah kita kekurangan space di Internal Memory.

- Pembelajaran via Audiovisual

Kelebihan yang ini pun terlihat seperti sebuah perspektif, tapi banyak sekali anak Indonesia yang tidak bisa memahami sebuah materi jika hanya dibacakan tanpa peragaan secara Audiovisual. Ruangguru hadir sebagai salah satu alternatif bagi banyak anak Indonesia yang tidak dapat memahami materi jika hanya dibacakan tanpa ada peragaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2