Mohon tunggu...
Muhammad Dahron
Muhammad Dahron Mohon Tunggu... Freelancer - Karyawan

Menulis Artikel

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Melihat Perspektif yang Berbeda: Apakah Kerja untuk Dapat Uang atau Uang untuk Dapat Kerja?

3 Juni 2024   22:25 Diperbarui: 4 Juni 2024   05:41 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pembayaran honor kerja, sumber gambar: dokumen pribadi

Setiap orang pasti pernah mendengar pertanyaan, mana yang lebih penting, kerja atau uang? Sehubungan dengan pertanyaan ini, muncul dua perspektif yang berbeda. Beberapa orang percaya bahwa pekerjaan adalah alat untuk mendapatkan uang, sementara yang lain memandang uang menjadi kebutuhan untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Dalam artikel ini, akan dibahas perspektif-perspektif tersebut dan bagaimana Anda dapat menentukan mana yang tepat untuk diikuti.

Kerja untuk Dapat Uang

sumber gambar: pexels.com/ karolina-grabowska-4968382
sumber gambar: pexels.com/ karolina-grabowska-4968382

Perspektif kerja sebagai alat untuk mendapatkan uang. Pemegang pandangan ini percaya bahwa pekerjaan mereka hanyalah untuk memperoleh uang dan membayar tagihan. Di sisi lain, memiliki karir atau pekerjaan yang menjanjikan cukup dibayar akan menjadi hal yang ideal. Bagi mereka, mencari uang harus menjadi keutamaan, terlepas dari bidang pekerjaan yang dijalani.

Bagi pemegang pandangan ini, uang adalah prioritas utama dalam mengambil keputusan karir. Meskipun mereka mungkin memiliki minat dan gairah tertentu, namun jika pekerjaan tersebut kurang menghasilkan uang, mereka akan memilih untuk tidak mengejarnya.

Salah satu alasan mengapa pemegang pandangan ini memilih untuk melihat pekerjaan sebagai alat untuk mendapatkan uang adalah karena keadaan keuangan mereka yang sulit. Mereka perlu mendapatkan uang secara cepat dan konsisten agar dapat membayar tagihan dan mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. Dalam situasi seperti ini, mencari pekerjaan yang menghasilkan uang cukup tinggi menjadi penting bagi mereka.

Namun, membawa fokus hanya pada uang dapat menimbulkan beberapa kekhawatiran. Salah satunya adalah masalah kebahagiaan di tempat kerja. Jika seseorang percaya bahwa pekerjaannya hanya sebagai alat untuk mendapatkan uang, maka mereka mungkin tidak benar-benar menikmati tugas dan tanggung jawab yang mereka lakukan. Ini dapat menyebabkan stres dan kelelahan di tempat kerja, yang dapat mempengaruhi produktivitas mereka dan kesejahteraan umum mereka.

Selain itu, jika seseorang hanya memilih pekerjaan yang menghasilkan uang, mereka mungkin melewatkan peluang yang benar-benar menarik. Pekerjaan yang kurang menghasilkan uang, namun lebih cocok dengan minat dan keahlian seseorang, mungkin menjadi pilihan yang lebih baik dalam jangka panjang, karena akan memberikan kepuasan yang lebih besar.

Uang untuk dapat Kerja

sumber gambar: pexels.com/ gabby-k-5849581
sumber gambar: pexels.com/ gabby-k-5849581

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun