Mohon tunggu...
Bere Muhammad
Bere Muhammad Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Penikmat Politik dan Senja

Selanjutnya

Tutup

Politik

Zulkifli Hasan di Mata Kader, Bertanggung Jawab dan Ikhlas

22 Januari 2020   01:17 Diperbarui: 22 Januari 2020   01:29 35 0 0 Mohon Tunggu...
Zulkifli Hasan di Mata Kader, Bertanggung Jawab dan Ikhlas
mediaindonesia.com

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan | Foto: Istimewa

Sebagai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan  ternyata telah memberikan kesan yang mendalam bagi para kader. Zulhasan begitu ia sapa merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam membangun keberlangsungan partai berlambang matahari tersebut. 

Kesan tersebut disampaikan oleh salah satu Kader PAN  Joyo Kasto Wijoyo. Bagi Joyo, Zulkifli Hasan merupakan sosok yang berbeda dari Ketua Umum PAN terdahulu. 

Meski kerap dipojokkan oleh internal PAN akibat terpuruknya kondisi partai  saat ini, bagi Joyo, Zulkifli Hasan tetap berdiri tegar dan berlapang dada ikhlas menerima caci maki, bully hingga hinaan. 

Jelang kongres V PAN yang akan berlangsung bulan Februari nanti, cacian, fitnah hingga hujatan semakin kencang datang silih berganti ke Zulkifli Hasan. 

Namun demikian, Zulkifli Hasan tetap berlapang dada dan tidak membalas hujatan tersebut. Zulkifli Hasan sendiri bahkan tidak pernah menyalahkan siapun dengan terpuruknya internal PAN saat inj

Padahal  terpuruknya PAN saat ini menurut Joyo  terjadi akibat banyak faktor. Sebut saja sikap Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang kerap bermanuver di publik dan sering berbeda kebijakan jajaran pengurus PAN hingga menimbulkan kesan perpecahan atau matahari kembar di PAN.

Bahkan faktor - faktor terpuruknya  internal PAN saat ini juga tidak bisa dilepaskan dari para calon ketum yang maju pada kongres nanti.

Seperti Mulfahri Harahap  yang merupakan Ketua Fraksi PAN DPR RI  periode 2014-2019  yang melalui jalan sunyi, nyaris tak terdengar ide dan gagasannya selama 5 tahun menjabat.

Ada pula kader PAN yang pernah menjabat sebagai Mempan RB Asman Abnur namun tidak pernah membina, berinteraksi, dan memberi manfaat buat partai

Bully, fitnah dan caci maki ke Zulkifli Hasan semakin menjadi -jadi jelang kongres PAN. Namun demkkian mantan Menteri Kehutanan tersebut tetap Tegar, ikhlas serta  tidak membantah tuduhan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN