Mohon tunggu...
Muhammad Armin
Muhammad Armin Mohon Tunggu... Anggota Komisi Pengawal RPJMD Sulawesi Barat

Without strong visionary leadership, no strategy will be executed effectively.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Dana Desa Belum Menemukan Strateginya

23 November 2019   06:06 Diperbarui: 23 November 2019   07:16 0 1 1 Mohon Tunggu...
Dana Desa Belum Menemukan Strateginya
Foto: Muhammad Armin, Adlyn Nazurah, & Muhammad Aisar Rabbani di jalan beton Desa Adolang Dhua

Berjarak sekitar 16 KM dari ibukota kabupaten Majene, sebuah desa yang berada 8.000 m di atas permukaan laut, dengan jumlah penduduk 1.094 dengan 243 Kepala Keluarga, 46 KK diantaranya belum teraliri listrik.

Desa yang berjarak tidak lebih 2 KM dari jalan trans sulawesi ternyata masih kesulitan dengan akses sinyal telpon, tentu saja sedikit kurang menyenangkan di era yang sering kali disebut menyongsong 4.0.

Pendapatan Asli Desa selain yang bersumber selain dari bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah, dalam setahunnya desa ini cukup menerima 4 juta. Terdapat tambang galian C dan hasil BumDes berupa mesin foto copy dan mesin molen beton sebagai tambahan pendapatan asli desa.

Desa Adolang Dhua dengan luas wilayah 1.115 Ha, memiliki komoditi unggulan berupa cabe rawit dan kacang hijau. Sayangnya saat wawancara singkat dengan Kepala Desa, kami tidak mendapatkan data jumlah produksi dari komoditi tersebut.
Dari sini kemudian kening ini berkerut, tidakkah ada pendampingan khusus terhadap setiap desa dalam memetakan potensi dan peluang komoditas unggulannya dalam menemukan strateginya sebagai wilayah yang menjadi pertautan terakhir dengan masyarakat yang akan membawa ke
tujuan akhir yang telah digariskan sebagai
cita-cita bersama?

*Bersambung...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x