Mohon tunggu...
Muhammad Arif Rohman Muis
Muhammad Arif Rohman Muis Mohon Tunggu... Pemberdayaan Masyarakat

Saya seorang pendamping kegiatan sosial untuk pemberdayaan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Anak KPM PKH Belajar Pemasaran Online bersama GD Semarang

31 Mei 2020   11:13 Diperbarui: 31 Mei 2020   11:10 22 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anak KPM PKH Belajar Pemasaran Online bersama GD Semarang
Roch Hadi Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga memberikan Membuka Webinar

Kota Salatiga - PKH Kota Salatiga berkolaborasi dengan Gapura Digital Semarang mengadakan webinar "Digital Marketing" sebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas anak-anak KPM PKH. Kegiatan ini diikuti oleh 74 anak PKH kota Salatiga dan beberapa Korwil dan Korkab. Acara berlangsung pada hari Jumat, 29 Mei 2020, pukul 08.30 sd 11.15.

Webinar diadakan dalam Kelas Online menggunakan aplikasi google meet hangout, sehingga peserta bisa mengikuti kegiatan dari rumah/  work from home atau yang lebih terkenal WfH .

Webinar ini diawali sambutan Roch Hadi selaku Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga, menjelaskan bahwa pelatihan Digital Marketing juga sangat cocok diadakan untuk anak-anak PKH karena usia yang masih muda maka kreatifitas, kemampuan menerima informasi baru lebih mudah. dan semangat muda membuat anak-anak haus akan ilmu dan pengetahuan baru. Sehingga materi dari pelatihan tersebut dapat menjadi bekal bagi anak-anak PKH dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin maju.

Heru Sunoto memberikan apresiasi kepada SDM PKH
Heru Sunoto memberikan apresiasi kepada SDM PKH

Sambutan berikutnya dari Heru Sunoto mewakili Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Bapak Heru  memberikan apresiasi kepada  SDM PKH Kota Salatiga yang telah berinisiatif menjalin kerjasama dengan Gapura Digital Semarang mengadakan Webinar membuka pasar digital. Heru Sunoto sangat mendukung kegiatan SDM PKH dalam melakukan inovasi yang sangat bermanfaat untuk anak-anak PKH . Dimana anak-anak PKH merupakan tulang punggung Bangsa yang mempunyai kontribusi penting dalam mengisi kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Melalui kegiatan pelatihan Digital Marketting tersebut diharapkan mampu mengubah mindset(pola pikir) anak-anak PKH agar lebih berwawasan dan bermartabat. Dalam menghadapi era globalisasi perlu persiapan sejak masih muda agar kedepan lebih terampil.  Kemampuan dalam memasarkan produk melalui sosial media, mulai dari Facebook, Instagram dan Twitter akan sangat membantu mereka.

Korwil Jawa Barat M. Dede Soleh, Korkab Blora Rohim dan Pendamping PKH Kota Salatiga turut hadir dan mengikuti kelas digital market online, hingga selesai. Kerjasama pembuatan Webinar diprakarsai oleh M Arif Rohman Muis selaku Koordinator PKH Wilayah 2 di Provinsi Jawa Tengah, dengan harapan adanya pelatihan kelas online, anak-anak KPM PKH dapat menimba pengetahuan dan mempunyai gambaran peluang dan strategi untuk menembus pasar digital. Ke depan jika dimungkinkan pelatihan tahap lanjutan secara tatap muka, anak-anak KPM diajarkan dapat memasarkan produk secara online sekaligus mampu menempatkan produk pada posisi mudah dicari dan dikemas dalam bentuk yang menarik untuk dibeli.

Antusiasme semua peserta  terlihat pada saat mengikuti kelas online, tidak ada peserta yang meninggalkan materi sebelum selesai, meskipun kelas berpindah jaringan/link, pertanyaan-pertanyaan dilontarkan melalui chat di hangout sebagai bentuk keingin tahuan yang besar.

Kelas online ini diharapkan ada kelanjutannya, karena dapat dilaksanakan dengan biaya lebih murah dan hasil diskusi mampu membuka wawasan anak-anak KPM untuk lebih jeli melihat peluang bisnis di era modern ini.

Materi yang disampaikan pada kelas online, sangat menarik, tentang pentingnya media sosial untuk marketing, media sosial yang dapat dipergunakan untuk marketing, copywriting, melakukan copy/duplikat terhadap produk promosi yang ada dengan menyesuaikan produk yang kita miliki, hingga cara berinteraksi dengan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN