Mohon tunggu...
Muhammad Arif Arofah ST
Muhammad Arif Arofah ST Mohon Tunggu... Insinyur - S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (2022 - sekarang) | S1Teknik Sipil BINUS University (2016 - 2020)| Highway and Transport Engineer | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Suka musik keras dan berinteraksi sosial

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kamu Ingin Berkomunikasi dengan Bawahan? Perhatikan 4 Hal Ini!

26 November 2022   16:25 Diperbarui: 26 November 2022   16:34 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Freepik/pressfoto

Hai Kompasianers! Meskipun kamu menjadi seorang pimpinan, ada hal yang harus kamu perhatikan saat ingin berkomunikasi dengan bawahan lho!  Yaitu Lihat Situasi, Fokus Pada Masalah, Ajak Bertemu Langsung, Sampaikan Tugas Dengan Jelas.  Yuk perhatikan 4 hal berikut lebih dalam versi saya supaya arahan kamu dapat dipahami oleh bawahan.

1. Lihat Situasi 

Sumber Gambar: Freepik/tirachardz
Sumber Gambar: Freepik/tirachardz

Kamu juga harus mengedepankan sisi humanis. Apabila bawahan sedang dalam kondisi yang tidak baik, maka pertimbangkan dilain waktu. Kamu dapat melihatnya dari raut wajah, gerak - gerik hingga performa nya belakangan ini. Serta kumpulkan informasi tentang dia sebanyak - banyaknya. Jika dipaksakan, maka dia akan merespon arahan kamu dengan tidak maksimal lho!

2. Fokus Pada Masalah

Sumber Gambar: Freepik/azerbaijan_stock
Sumber Gambar: Freepik/azerbaijan_stock

Kamu wajib menghindari perbincangan ke ranah privasi. Sekalipun kamu mengetahui permasalahan yang sedang menimpa bawahan. Pada jam kerja, sampaikan permasalahan yang sedang tim hadapi untuk kemudian didelegasikan ke bawahan. Agar lebih maksimal, komunikasikan secara empat mata dibandingkan secara kelompok. Kamu ingin membahas ke ranah orivasi? Di luar jam kerja ya!

3. Ajak Untuk Bertemu Langsung

Sumber Gambar: Freepik/timeimage
Sumber Gambar: Freepik/timeimage

Apabilan tidak ada kendala, hindari menyampaikan arahan melalui aplikasi messenger. Karena kamu tidak bisa melihat respon ekspresi dan tanggapan dari bawahan. Dan yang paling terpenting adalah untuk menghindari kesalahpahaman yang sering terjadi karena tidak ada interaksi secara langsung. Buatlah janji temu di suatu tempat dan waktu yang sydah sama - sama disepakati ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun