Mohon tunggu...
Muhammad Arif Arofah ST MT IPP
Muhammad Arif Arofah ST MT IPP Mohon Tunggu... Insinyur - S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (2022 - 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (2016 - 2020)| Highway and Transport Engineer | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Suka musik keras dan berinteraksi sosial

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kenali 4 Ciri-ciri Gaya Komunikasi Director, Kamu Termasuk?

8 Oktober 2022   19:53 Diperbarui: 8 Oktober 2022   20:07 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Freepik/mego-studio

Hai Kompasianers! Setiap orang mempunyai gaya komunikasi yang berbeda - beda. Salah satu gaya komunikasi yaitu Director bagi kamu yang merasa memiliki sifat langsung, tertutup, dan cepat. Yuk pahami lebih dengan mengetahui 4 ciri - cirinya versi saya, siapa tahu ada didalam diri kamu lho!

1. Tidak Sabar

Sumber Gambar: Freepik/sewupari-studio
Sumber Gambar: Freepik/sewupari-studio

Hal ini terjadi karena kamu memiliki sifat langsung dan cepat. Oleh karena itu, kamu selalu terburu - buru untuk menyampaikan sesuatu. Sehingga tak jarang pula pesan yang kamu sampaikan, tidak bisa dimengerti oleh lawan bicara. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk mengatur tempo, nada bicara, intonasi, dan pernapasan saat sedang berbicara.

2. Pendengar yang Kurang Baik

Sumber Gambar: Freepik/DCStudio
Sumber Gambar: Freepik/DCStudio

Hal ini terjadi karena kamu memiliki sifat tertutup. Kamu kurang memiliki empati saat sedang mendengarkan lawan berbicara. Sehingga kamu merasa lebih baik untuk mengabaikan dan tak peduli. Padahal, bisa jadi lawan bicara perlu respon dan masukan dari kamu lho! Untuk mengatasinya, bisa dicoba ketika kamu menyimak secara penuh lawan bicara dengan menatap nya dan sesekali memberi respon kata - kata.

3. Mendominasi Percakapan

Sumber Gambar: Freepik/DCStudio
Sumber Gambar: Freepik/DCStudio

Hal ini terjadi kamu memiliki sifat langsung dan cepat. Kamu selalu menjadi pihak yang ingin selalu didengarkan omomgannya. Sehingga lawan bicara tidak memiliki waktu untuk menyampaikan pesannya. Padahaltujuan dari komunikasi yaitu proses pertukaran pesan antara dua orang. Untuk mengatasinya, kamu harus mencoba untuk belajar mendengarkan lawan bicara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun