Hai Kompasianers! Takut acara komunitas kamu sepi peserta? Kamu bisa berkolabirasi dengan 4 pihak yaitu Sponsor, Media Partner, Community Partner, dan Government. Yuk pahami lebih dalam versi saya supaya acara komunitas kamu bisa ramai pengunjung/peserta:
1. Sponsor
event creative yaitu masalah pendanaan. Pihak sponsor bisa memberi uang dan produk pada acara kamu. Pastikan acara kamu sesuai dan selaras dengan sponsor yang kamu tuju. Misalnya komunitas kamu ingin mengadakan kegiatan kesehatan donor darah, kamu bisa mengajukan sponsor ke apotek ternama, makanan/minuman kesehatan, industri farmasi, dan sejenisnya. Semakin besar nama/brand dari sponsor, maka akan menarik perhatian masyarakat.Â
Salah satu kendala terbesar dalam dunia2. Media Partner
Pihak media partner bisa membantu publikasi sebelum terlaksananya acara melaui masing - masing platform mereka. 3 platform yang sering digunakan yaitu instagram, website, dan telegram. Terdapat 2 pilihan yaitu paket gratis dan berbayar. Untuk paket berbayar, semakin mahal paket yang kita pilih, maka semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapat. Sementara untuk paket gratis, harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Jumlah follower serta enggagement dari akun milik media partner tersebut sangat berpengaruh dalam tersebarnya informasi acara yang akan kamu selenggarakan.Â
3. Community Partner
Kamu bisa mengajak komunitas/organisasi lain untuk berkolaborasi di acara kamu secara penuh atau sebagian saja. Kalau secara penuh,  komunitas tersebut sebagai collaborator event yang anggotanya juga membantu merancang dan melaksanakan kegiatan dari awal hingga akhir. Atau jika hanya sebagian, komunitas tersebut bisa membantu dalam publikasi poster sebelum acara, atau mengirim anggotanya untuk menjadi peserta acara kamu.Â