Mohon tunggu...
Muhammad Arif Arofah
Muhammad Arif Arofah Mohon Tunggu... Insinyur - Teknik Sipil BINUS University 2016 - 2020 (S.T) | Highway and Transport Engineer | Director Marcomm YOT Bekasi 2022 @yotbekasi | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Suka musik keras dan berinteraksi sosial

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kamu Bingung Bagaimana Cara Memikat Penonton Saat Presentasi? Yuk, Praktikan 2 Cara dan Tips Ini!

15 April 2022   15:55 Diperbarui: 15 April 2022   16:00 89 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar: Freepik/tirachardz

Halo Kompasianers! Kamu bingung bagaimana cara memikat penonton saat presentasi? Ada 2 cara yaitu Mengenali Situasi dan Lawan Bicara, lalu Menjaga minat penonton. Berikut penjelasan lebih rinci 2 Cara sekaligus tips agar presentasi kamu dapat memikat penonton versi penulis:

1. Mengenali Situasi dan Lawan Bicara

Sumber Gambar: Freepik/master1305
Sumber Gambar: Freepik/master1305

Saat kamu tampil, ada 3 kategori penonton yang akan dihadapi berdasarkan usianya. Dan setiap kategori,  tentunya mempunyai cara memikat masing - masing lho! Yaitu:   

  • Dibawah Usia Kamu : Biasanya apabila kamu berusia 17 -22 tahun (mahasiswa/i) melakukan presentasi ke siswa/i SD - SMP berusia 7 - 12 tahun. Cara terampuh untuk memikatnya yaitu dengan menyiapkan properti berupa alat peraga atau video animasi sesuai dengan topik yang akan dibahas. Hal tersebut dikarenakan mereka cepat bosan dengan presentasi yang memakan waktu lama;
  • Sepantaran Kamu : Biasanya apabila kamu berusia 17 -22 tahun (mahasiswa/i) melakukan presentasi ke sesama rekan mahasiswa. Cara terampuh untuk memikatnya yaitu mengajak mereka bersuara dengan bertanya pendapat mereka tentang topik yang kamu sampaikan. Hal tersebut dikarenakan kamu dan mereka masih sedang tahap sama - sama sedang belajar, tidak ada yang lebih hebat antara satu sama lain.
  • Diatas Usia Kamu : Biasanya apabila kamu berusia 17 -22 tahun (mahasiswa/i) melakukan presentasi ke kakak tingkat atau bahkan dosen. Cara terampuh untuk memikatnya yaitu bersikap sopan dan santun kepada mereka. Hal tersebut dikarenakan mereka mempunyai ilmu/pengalaman lebih dahulu dibandingkan dengan yang kamu miliki. 

Dalam semua kategori yang sudah disebutkan, hal yang harus kamu hindari yaitu jangan terkesan menggurui mereka, dan jangan pakai istilah yang rumit agar ingin terlihat keren. Kalau kamu melakukannya, salah satu resiko terbesarnya yaitu tidak akan didengar oleh penonton. Dan yang pasti, kamu perlu fokus untuk mendengar, merespon, dan mengapresiasinya untuk mendapatkan respect dari mereka.

2. Menjaga Minat Penonton

Sumber Gambar: Freepik/javy_indi
Sumber Gambar: Freepik/javy_indi

Bertujuan supaya penonton tetap fokus menyaksikan dan mendengarkan presentasi kamu dari awal sampai akhir. Hal ini perlu diterapkan kepada siapapun kategori penontonnya. Berikut ini terdapat referensi tips untuk menjaga minat penonton versi penulis,  yaitu:

  • Melakukan Sesi Ice Breaking : Biasanya dilaksanakan sebanyak 2 kali, yaitu saat sebelum mulai dan pertengahan presentasi online / offline. Waktunya disesuaikan dengan durasi kamu tampil, namun idealnya sekitar 5 - 15 menit saja. Selain agar fokus, sesi ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk mengakrabkan diri serta mencairkan suasana terhadap penonton;
  • Melempar Pertanyaan Terbuka : Biasanya dilakukan diawal saat mulai presentasi, atau diawal sub - point pembahasan. Gunakan kata depan bagaimana dan kenapa supaya jawaban pertanyaan tersebut bisa panjang serta dapat dikembangkan lagi. Contohnya seperti "Menurut teman - teeman, kenapa mendapatkan IPK tinggi menjadi penting bagi kita semua?".  Atau hal lebih ringan lagi seperti "Siapa yang IPK nya masih dibawah 3.00, silahkan angkat tangannya!". Selain agar fokus, melempar pertanyaan menjadi kesempatan kamu untuk mengetahui tingkat ketertarikan penonton terhadap topik yang kamu sampaikan;
  • Respon Sikap Penonton, Lalu Bercandakan : Saat presentasi, pasti akan ada sikap dari penonton yang tidak kamu duga. Kamu tidak perlu panik hingga mengganggu konsentrasi dan materi yang sudah dipersiapkan. Cukup dengan merespon sikap mereka dengan bercandaan ringan, namun tidak semua orang berani melakukannya sehingga perlu dilakukan dengan orang yang sudah berpengalaman. Selain agar fokus, merespon sikap bisa menjadi momen hangat gelak tawa antara kamu dan penonton.  Berikut ini adalah sikap yang sering terjadi berdasarkan pengalaman penulis:
    • Penonton Menguap Karena Mengantuk : Salah satu contoh respon yang bisa kamu bercandain "Itu kamu baju merah yang menguapnya di pojokan, kayanya ngantuk banget, semalem begadang sampai jam berapa?". Biasanya setelah ditegur seperti itu, si penonton akan malu dan akan segar kembali tidak jadi mengantuk;
    • Kerumunan Penonton Yang Bercanda : Salah satu contoh respon yang bisa kamu bercandain "Mas mbak nya seru banget daritadi saya lihat, bahas lesti - billar ya?". Biasanya setelah ditegur seperti itu, mereka akan malu dan terdiam dengan sendirinya.

Nah, itu 2 cara sekaligus beberapa tips - nya supaya kamu dapat memikat penonton. Berbicara itu tidak mudah lho, jadi jangan lupa menghargai yang sedang berbicara di depan kamu. Jangan lupa Kompasianers untuk selalu berlatih dan memperbaiki kesalahan. See You On Top!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan