Mohon tunggu...
Muhammad Arif
Muhammad Arif Mohon Tunggu... Relawan - Mahasiswa

Everybody is different, that makes life colorful

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Public Relations

22 November 2020   21:58 Diperbarui: 22 November 2020   22:03 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apakah Public Relations itu?

Hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen yang membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publik yang menjadi sandaran keberhasilan atau kegagalannya. Fungsi hubungan masyarakat dirancang untuk membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan kelompok yang penting bagi organisasi. Mereka membantu meningkatkan kesadaran tentang organisasi serta memberinya kesempatan untuk mendefinisikan, mengendalikan, dan mendistribusikan pesannya kepada orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Fungsi PR yang efektif juga dapat mempromosikan organisasi, membantu berkomunikasi selama krisis, atau mempertahankan reputasinya dari serangan yang dilakukan orang terhadapnya di media.

Apa fungsi dan tujuan Public Relations?

Tujuan utama dari PR adalah untuk menjaga reputasi positif merek dan menjaga hubungan strategis dengan publik, calon pelanggan, mitra, investor, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya yang mengarah pada citra merek yang positif dan membuatnya tampak jujur. , sukses, penting, dan relevan.

Fungsi khusus Humas dikategorikan oleh publik yang menjalin hubungan, dan kepada siapa seruan dibuat untuk memahami dan / atau menerima kebijakan, prosedur, individu, penyebab, produk, atau layanan tertentu. Praktisi yang melakukan fungsi khusus dapat memainkan peran manajemen, beroperasi sebagai teknisi komunikasi, atau berfungsi dalam peran ganda.

Berikut ini adalah cara-cara berbeda di mana perusahaan melakukan praktik hubungan masyarakat dengan bantuan ahli PR:

  • Publisitas Produk: Perusahaan menyelenggarakan promosi merek dan produk melalui sponsorship untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Hubungan Pers: Perusahaan menggunakan pers atau media untuk memberikan informasi tentang produk kepada pelanggan.
  • Lobi: Para ahli PR berkomunikasi dengan pejabat pemerintah dan departemen hukum untuk mendukung peraturan yang menguntungkan dan mengalahkan peraturan yang tidak menguntungkan.
  • Jurnal In-House: Merek meluncurkan majalah dan buklet mereka untuk mempromosikan produk di antara pelanggan. Itu juga mempublikasikan laporan tahunan, buletin, situs web, brosur, dan laporan tahunan untuk menangkap pasar sasaran.
  • Perusahaan Komunikasi: Departemen Humas secara terus menerus terlibat dalam memberikan informasi tentang produk dan merek melalui komunikasi internal dan eksternal.
  • Acara Khusus: Para ahli PR mengatur acara seperti acara amal, acara promosi, atau kontes untuk menarik perhatian media.
  • Kegiatan Pelayanan Publik: Perusahaan sering berdiri untuk tujuan sosial. Mereka menginvestasikan waktu dan uang mereka dan meminta karyawan mereka untuk mendukung tujuan tersebut. Ini secara tidak langsung meningkatkan hubungan masyarakat dalam organisasi.
  • Konseling: Pada saat produk gagal atau kinerjanya buruk, departemen PR memberikan saran dan nasehat kepada manajemen.

Model-model Public Relations

Agen Pers / Publisitas. Di bawah model Agen Pers, ada komunikasi satu arah. Pakar Humas berusaha menciptakan citra perusahaan yang positif di antara para pemangku kepentingan, investor, karyawan, dan rekanan lainnya. Umpan balik atau saran diabaikan dalam model ini.

Model Informasi Publik. Ini sekali lagi merupakan model komunikasi satu arah di mana informasi mengalir dari organisasi ke pemangku kepentingan, investor, karyawan, dan rekan lainnya. Informasi yang relevan disampaikan melalui rekaman pesan, siaran pers, rilis video, berita, dll

Model Asimetris Dua Arah.. Model ini merepresentasikan komunikasi yang tidak seimbang antara pengirim dan penerima. Organisasi memanipulasi, mempengaruhi, dan membujuk audiensnya untuk percaya pada produknya dan berperilaku sesuai. Itu tidak seimbang karena lebih sedikit upaya yang dilakukan untuk menghasilkan umpan balik dari publik.

Model Simetris Dua Arah. Model simetris dua arah didasarkan pada saling pengertian. Ini bekerja pada strategi resolusi konflik untuk memposisikan merek dengan kuat di antara audiens target. Umpan balik dari pemangku kepentingan, investor, karyawan, dan rekanan lainnya ditanggapi dengan serius.

Apa itu Humas internal dan Mengapa Humas internal itu penting?

Jika komunikasi internal adalah cara Anda mengkomunikasikan yang baik, yang buruk, dan yang buruk kepada karyawan Anda, Humas internal adalah praktik dan kampanye yang dirancang untuk membantu karyawan tidak hanya seperti perusahaan Anda, tetapi untuk menyukainya, sehingga mereka dapat memberi tahu orang lain betapa hebatnya itu. Tujuan PR internal adalah untuk mempromosikan perusahaan kepada karyawan dan mendorong keterlibatan - komitmen emosional terhadap organisasi dan tujuannya. Dan cara untuk sukses dengan itu adalah mengenal audiens Anda dengan sangat baik. Pekerjaan ini dimulai dengan apa yang kami sebut "Pemasaran Orang", yaitu ketika HR menggunakan prinsip-prinsip pemasaran untuk mempromosikan bisnis guna menarik karyawan potensial yang berpikiran sama.

Keuntungan mempelajari Public Relation 

Sebagai mahasiswa fakultas sosial, saya mendapatkan banyak manfaat dari belajar Hubungan Masyarakat yang memperoleh pengetahuan teoritis dan mengembangkan keterampilan praktis, yang semuanya akan sangat berguna setelah saya mendapatkan pekerjaan yang aman. Saya belajar bagaimana mengidentifikasi penyebab berbagai masalah dengan sukses sambil mengembangkan kemampuan untuk menganalisis tren dan memprediksi konsekuensinya. Saya juga belajar bagaimana meneliti sikap dan harapan publik secara efektif, dan bagaimana menggunakan penelitian semacam itu untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan saya. Mempelajari PR akan mengembangkan keterampilan menulis dan mengedit saya karena saya diharapkan bekerja di berbagai media termasuk siaran pers dan laporan. Karena itu, saya juga belajar bagaimana membangun hubungan profesional dan bekerja dengan baik bersama jurnalis. Saya juga belajar bagaimana mengidentifikasi masalah sosial utama dan pengaruhnya terhadap organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun