Mohon tunggu...
Muhammad AnisUbaidillah
Muhammad AnisUbaidillah Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa gizi tingkat akhir

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Gizi UNNES Melakukan PKL Gizi Masyarakat di Desa Terwidi

21 September 2021   14:21 Diperbarui: 21 September 2021   14:34 44 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa Gizi UNNES Melakukan PKL Gizi Masyarakat di Desa Terwidi
(Dok Pribadi)

Prodi Gizi UNNES telah menerjunkan mahasiswa PKL ke beberapa Desa yang menjadi pilihan. Salah satu diantara desa tersebut adalah Desa Terwidi. Desa Terwidi berada di wilayah Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Mahasiswa PKL Gizi UNNES melakukan serangkaian kegiatan PKL yang terdiri dari Posyandu balita, senam mingggu sehat, cek kesehatan bagi lansia, serta pelatihan penggunaan alat sfigmomanometer/ tensimeter kepada kader Posyandu.  

Semenjak pandemi Covid-19 menyerang, kegiatan Posyandu Lestari 4  di Desa Terwidi dihentikan. Selama kurang lebih 1,5 tahun tidak ada kegiatan Posyandu untuk memantau kesehatan balita Desa Terwidi. Dengan keadaan pandemi seperti ini, mahasiswa PKL Gizi UNNES mengajak para kader untuk melakukan kegiatan Posyandu secara door to door, agar tidak timbul kerumunan antar warga. Kegiatan Posyandu, dilaksanakan di wialyah RT 04/RW 04 Desa Terwidi pada hari Rabu s.d Kamis, tanggal 18 - 19 Agustus 2021.  Posyandu yang dilakukan secara door to door dinilai sangat efektif dilakukan dimasa pandemi seperti ini. 

(Dok Pribadi)
(Dok Pribadi)
Senam sehat dilaksanakan setiap hari minggu selama 3 kali. AKtivitas fisik seperti senam sehat sangat bermanfaat untuk memperkuat pertahanan tubuh, apalagi dimasa pandemi seperti ini. Pertahan tubuh seseorang harus kuat, agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit, karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Kegiatan senam yang dilakukan mengundang antusias warga yang sangat luar biasa, yang artinya kegiatan tersebut dapat diterima dan bermanfaat bagi warga sekitar. 


(Dok Pribadi)
(Dok Pribadi)
Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh mahasiswa PKL Gizi UNNES yaitu melakukan tes kesehatan tekanan darah kepada kelompok sasaran lansia. Kegiatan cek tekanan darah tersebut bertujuan untuk mengetahui dan memantau kesehatan lansia. Jadi, apabila terdapat permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan lansia, dapat segera langsung ditangani. Cek tekanan darah lansia yang di wilayah RT 04/RW 04, dilakukan pada hari Kamis s.d Jumat, tanggal 26 - 27 Agustus 2021. 

(Dok Pribadi)
(Dok Pribadi)
Di Desa Terwidi, Kelurahan Plalangan, belum terdapat Posyandu lansia. Sehingga mahasiswa PKL Gizi UNNES melakukan inisiatif menggerakkan para kader Posyandu dengan cara mengadakan pelatihan penggunaan alat sfigmomanometer/ tensimeter. Kegiatan pelatihan tersebut selain bertujuan untuk menghidupkan Posyandu lansia, juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan kader dalam pengukuran tekanan darah menggunakan alat sfigmomanometer/ tensimeter. Pelatihan pengukuran tekanan darah dilakukan pada hari Sabtu, 4 September 2021 yang bertempat di salah satu rumah kader Posyandu. 

Semua rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Mahasiswa PKL  Gizi UNNES berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Semoga pengabdian PKL (Praktik Kerja Lapangan) Gizi Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Gizi UNNES bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi seluruh warga Desa Terwidi. 

Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan