Mohon tunggu...
Muhammad Amir Alfaruq
Muhammad Amir Alfaruq Mohon Tunggu... Mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah FEBI UIN Sutha Jambi

-

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Ketahui Jenis Kegiatan Transaksi yang Memerlukan Pencatatan Akuntansi pada Perusahaan Dagang

28 Agustus 2020   10:25 Diperbarui: 7 September 2020   15:05 694 2 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum wr wb

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga selalu diberi kesehatan terutama di masa pandemi Virus Covid-19 saat ini.

Perkenalkan saya Muhammad Amir Alfaruq salah satu mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Program Studi Akuntansi Syariah FEBI UIN Sutha Jambi berdiri sejak tahun 2017. Saat ini, dikelola oleh Ibu Mellya Embun Baining, S.E, M.E.I. (ketua) dan Bapak Erwin Saputra Siregar, S.E.I, M.E. (Plt Sekretaris).

Pada tanggal 4 Agustus 2020, Program Studi Akuntansi Syariah FEBI UIN Sutha Jambi meraih penghargaan berupa Akreditasi Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan akreditasi tersebut, semoga Program Studi Akuntansi Syariah FEBI UIN Sutha Jambi mampu meningkatkan kualitas sumber daya yang ada, sehingga melahirkan lulusan-lulusan yang mampu bersaing dalam pencarian pekerjaan baik di bank maupun di perusahaan.

Tidak sedikit perusahaan dagang yang menganggap bahwa tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis adalah tingginya angka penjualan, terutama bagi para pelaku UKM. Padahal tingginya angka penjualan bukanlah satu-satunya tolak ukur sebuah bisnis dapat dikatakan sukses.

Selain penjualan, perusahaan harus mengetahui seberapa besar modal yang harus dikeluarkan, serta memperhatikan angka pengeluaran kas dan angka penerimaan kas. Lantas, bagaimana perusahaan mendapatkan informasi-informasi terkait hal tersebut? Jawabannya tentu melalui pencatatan akuntansi.

Menurut V. Wiratna Sujarweni (2016:15), Pencatatan transaksi keuangan adalah langkah awal untuk mencatat berbagai perubahan posisi keuangan dari sebuah perusahaan yang dilakukan secara kronologis, dengan metode-metode tertentu sehingga hasil pencatatan dapat dikomunikasikan kepada pihak lainnya berupa laporan keuangan.

Zaki Baridwan (2014:17) menjelaskan “laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku bersangkutan.”

Membahas tentang pencatatan akuntansi, sebenarnya seberapa penting peran pencatatan akuntansi terhadap perkembangan usaha?

Menurut hasil penelitian Zarah Puspitaningtyas (2017:369), pengelolaan keuangan berbasis akuntansi penting untuk dilakukan oleh pelaku usaha (khususnya pelaku UKM), karena akan memberikan manfaat bagi keberlanjutan usahanya dan meningkatkan daya saing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x