Mohon tunggu...
Muhammad Al Misky
Muhammad Al Misky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Semester 3

Mohon maaf atas semua kekurangan, semoga apa yang saya buat dapat bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Terjemah Ayat Al Quran, Hadits, dan Qoul (Perkataan) Ulama

29 Desember 2021   02:00 Diperbarui: 29 Desember 2021   12:24 714
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Puji serta syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi 

Puji serta syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.

Sebelum beranjak lebih jauh, kita kenalan dulu ya. hehe

Nama saya Muhammad Al Misky (Mahasiswa Semester 3 Pendidikan Bahasa Arab - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Tulisan ini saya buat guna memenuhi tugas UAS (Ujian Akhir Semester) Mata Kuliah Tarjamah Semester ini.

Ucapan terimakasih saya haturkan sebanyak-banyaknya kepada dosen tarjamah saya, Bapak Toto Edidarmo, M.A. yang sudah banyak memberikan ilmu dan selalu membimbing kami, saya khusus nya selama perkuliahan.

Pada artikel kali ini, saya akan menganalisis terjemah ayat al-qur'an, hadits, dan qoul ulama. Sebelum itu, ribuan maaf saya haturkan kepada rekan-rekan pembaca sekalian, bilamana terdapat banyak kesalahan dan kekeliruan pada analisis ini. Saya pribadi sangat membuka kesempatan, bila rekan-rekan pembaca sekalian ingin memberi kritik saran nya kepada saya.

1. Q.S Al - Jumuah Ayat 8

قُلْ إِنَّ ٱلْمَوْتَ ٱلَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلَـٰقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَـٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَـٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Katakanlah:"Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."

Analisis :

Di dalam surat al jumu'ah ayat 8, yang berisikan mengenai kematian yang pasti datang nya. Kami menemukan hasil analisis kami, sebagai berikut :

Pada website republika (republika.co.id) yang kami kutip Al-Qur'an yang disusun oleh Kementrian Agama bahwa, (فإنه ملقيكم ) berdiksi kan "ia pasti menemui kamu". Makna "kematian" pada terjemahan Al-Qur'an yang disusun oleh Kementrian Agama, tidak ditulis secara langsung pada kutipan kata tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun