Mohon tunggu...
Muhammad AinulYaqin
Muhammad AinulYaqin Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nama saya Muhammad Ainul Yaqin, saya lahir di Tangerang 15 Juni 2002, saya bertempat tinggal di Kp. Peusar rt.08 rw. 01 kel. Binong kec. Curug Kab. Tangerang Banten,

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Solusi untuk Peradaban Islam yang Maju dan Modern ke Depan

21 Januari 2021   19:40 Diperbarui: 21 Januari 2021   19:43 59 1 0 Mohon Tunggu...

Pada masa kini yang dimana teknologi dan ilmu pengetahuan terus berkembang atau bisa dikatakan juga dengan Zaman Modern, pada masa ini duni telah berkembang maju memberikan kita penemuan-penemuan yang baru, yang mengefesienkan segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan manusia Pada masa kini, dunia ini telah memberikan kita tentang prinsip-prinsip modern, Namun umat islam masih terpaku akan hal pada masa-masa kejayaan islam (masa dimana islam gemilang) dan berpegang teguh terhadap tradisi-tradisi terdahulu.

Kaum islam saat ini masih banyak yang bernostalgia berbalik ke masa lalu (masa dimana jayanya islam) dan mereka berharap atas segala sesuatu hal, baik sikap dan pengaruh pada masa itu teraplikasikan terhadap dunia modern ini.

Tetapi hal tersebut sepertinya tidak mungkin, karena Zaman dulu dengan Zaman yang modern ini sangat-sangat Sungguh berbeda dari segala aspek.

Oleh karena itu Umat Islam pada saat ini harus bangkit dengan segala kemajuan dan ilmu pengetahuan, tetapi bukannya Islam pada masa itu sudah maju dengan ilmu pengetahuannya buktinya banyak dari ilmuan-ilmuan islam yang menjadi pandangan dasar dari pemikiran ilmuan-ilmuan dari barat?,memang betul pada masa itu banyak dari ilmuan-ilmuan islam yang menjadi pandangan dasar dari pemikiran ilmuan-ilmuan barat.

Tetapi perlu diketahui bahwasanya Masa lalu dengan masa kini sungguh sangat berbeda dari segala aspek, salah satunya Aspek teknologi.

Maka dari itu umat islam harus bangkit dengan kemajuan dan ilmu pengetahuannya, tetapi tetap terus berpegangan dengan menjadikan al-qur'an dan As-sunnah sebagai pegangan utama.

Banyak umat islam yang cenderung berpikiran bahwasanya modernisasi itu adalah suatu yang negatif, mengapa demikian? Karena mereka berpikiran bahwasanya segala sesuatu yang berasal dari barat baik itu ilmu pengetahuan ataupun teknologi itu rumusan dari orang barat , dan orang barat itu kafir (non muslim).

Padahal kita sebagai umat islam tidak harus terus menolak sesuatu yang berasal dari barat, akan tetapi kita juga harus mengikuti perubahan zaman (perkembangan zaman) yaitu dengan menerima sesuatu yang berasal dari barat.

Hanya saja kita perlu menyaring hal tersebut dari segi dampak positif dan negatifnya, Semisalnya hal tersebut memiliki lebih banyak dampak positif untuk kemajuan umat islam Mengapa tidak kita terima?, yang penting hal tersebut tidak berlawanan dengan pedoman umat islam yaitu al-qur'an dan as-sunnah.

Perlu diketahui tidak sepenuhnya konsep modernisasi barat bisa terima oleh kaum islam , karena ada yang berlawan dengan pedoman kaum islam, kita ssbagai umat islam harus maju dengan mengikuti perubahan kemajuan peradaban dunia pada zaman modern ini.

Salah satu metode yang menurut saya harus teraplikasikan untuk umat islam pada masa kini yaitu Metode para ulama Nahdlatul Ulama dalam hal menyerap suatu budaya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN