Mohon tunggu...
Muhammad AgungHertanto
Muhammad AgungHertanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

suka kulineran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Tematik UPI 2022 Desa Aman dan Nyaman dengan Sub Tema "Peringatan Dini Terhadap Bencana"

9 Agustus 2022   21:15 Diperbarui: 9 Agustus 2022   21:48 118 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kerja sama dengan mitra Ahli (damkar) dalam edukasi mitigasi benca/dokpri

Apa yang kalian ketahui mengenai peringatan dini bencana ? pasti sudah tidak asing bukan mendengar atau membaca kalimat tersebut, biasanya kalimat tersebut muncul ketika sebuah wilayah sedang dalam siaga menghadapi bencana . Peringatan dini bencana merupakan sebuah upaya pencegahan untuk menghindari risiko kerugian yang lebih besar  akibat yang  ditimbulkan dari suatu bencana.  

Semakin berkembangnya zaman  yang dibarengi dengan tingkat kelahiran masyarakat  yang tinggi, mengakibatkan peningkatan penduduk suatu daerah menjadi padat. 

Hal ini membuat masyarakat yang tinggal didaerah padat penduduk memiliki risiko kerugian yang akan ditimbulkan cukup besar akibat dari bencana, biasanya bencana yang terjadi di pemukiman padat yaitu kebakaran. 

Masyarakat terkadang kurang memerhatikan hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran seperti penggunaan listrik yang tidak sesuai kapasitas yang tersedia, kurangnya kesadaran dari masyarakat akan hal tersebut disebabkan pula oleh kurangnya edukasi mengenai peringatan dini terhadap bencana. 

Edukasi mengenai hal tersebut belum merata diberikan kepada seluruh masyarakat sehingga banyak pula masyarakat yang kurang paham atau bahkan tidak mengetahui mengenai peringatan dini terhadap bencana. 

Sosialisasi oleh pihak damkar kepada masyarakat rusun Petamburan RW.11/dokpri
Sosialisasi oleh pihak damkar kepada masyarakat rusun Petamburan RW.11/dokpri

Sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir KKN (Kuliah Kerja Nyata ) di Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat tepatnya di Rusun Petamburan RW 11 tergerak untuk melakukan kegiatan edukasi mengenai Peringatan Dini Terhadap Bencana. Edukasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2022 yang dilaksakan di RPTRA Rusun Petamburan, kegiatan yang bertema kan Mitigasi Bencana dengan judul " Siap Siaga Menghadapi Bencana", bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran sektor Tanah Abang selaku mitra ahli dalam bidang tersebut. 

Edukasi serta demonstrasi yang dilakukan oleh Damkar/dokpri
Edukasi serta demonstrasi yang dilakukan oleh Damkar/dokpri

Didalam kegiatan tersebut  difokuskan untuk memberikan pemahaman kepada warga rusun Petamburan mengenai bahaya api serta cara mencegahan dan pengananan terjadinya kebakaran, hal tersebut dilakukan karena kebanyakan dari warga Rusun Petamburan kurang dibekali ilmu mengenai Peringatan Dini Bencana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan