Mohon tunggu...
Muhammad Aflaha
Muhammad Aflaha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa

Seorang mahasiswa tingkat akhir yang juga bekerja..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Aplikasi Canva dan Manfaatnya dalam Proses Belajar Mengajar Daring

24 September 2021   21:26 Diperbarui: 24 September 2021   21:37 185 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aplikasi Canva dan Manfaatnya dalam Proses Belajar Mengajar Daring
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Wabah Covid-19 yang masih ada hingga saat ini dan menjadi pandemi membuat kita harus adaptif dan merubah semua kegiatan sehari-hari, salah satu bidang yang terkena dampak pandemi ini ialah pendidikan. Siswa yang biasa belajar di sekolah dan bertemu langsung dengan guru serta teman-temannya, sekarang harus melakukannya di rumah, khususnya saat PPKM Darurat masih berlaku. Perubahan ini membuat peserta didik, guru, dan orang tua harus bekerjasama agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

Sejak bulan Juli, proses belajar mengajar tahun ajaran 2021-2022 kembali dilaksanakan secara daring, bertepatan dengan itu, Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan dalam 2 gelombang secara daring juga. Saya sendiri masuk ke gelombang 2 yang dilaksanakan sejak akhir Agustus lalu. KKN Tematik yang saya laksanakan menggunakan tema Literasi dan diharuskan untuk membantu siswa, guru, dan orang tua untuk mensukseskan pembelajaran daring. Penulis sendiri melaksanakan KKN Tematik secara Daring di salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung

Dalam pelaksanaan KKN ini, ditemukan beberapa masalah dalam proses belajar mengajar dalam jaringan di Sekolah Dasar, salah satunya adalah komunikasi antara Guru dan Peserta Didik beserta Orang Tuanya karena pelaksanaan belajar mengajar secara daring. Komunikasi yang Saya maksud ialah sosialisasi proses belajar mengajar dari pembagian jadwal, laporan tugas hingga penilaian saat ujian. Namun teknologi dewasa ini semakin tumbuh pesat dan membantu kita semua dalam beradaptasi di kala Pandemi. Saya dibantu oleh Aplikasi Canva dalam membantu mensukseskan pembelajaran dalam jaringan. Lalu bagaimana Aplikasi Canva bisa membantu saya?

Canva adalah aplikasi yang membantu penggunanya untuk merancang berbagai jenis materi secara online dari kartu ucapan, poster, brosur, infografis sampai media presentasi. Canva tidak rumit karena telah menyediakan berbagai macam ukuran hingga Template untuk desain yang anda inginkan, dan bisa disesuaikan dengan tujuan pembuatan desain. Canva juga bisa dibuka melalui web, iPhone & Android. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi Canva di Perangkat Android anda:

1. Unduh Aplikasi Canva di Google Play Store

2. Buka Aplikasi Canva

3. Lakukan Pendaftaran Akun

4. Masuk ke Akun yang telah Anda buat

5. Pilih ukuran Desain

6. Pilih Template yang Anda Inginkan

7. Buat Desain seperti teks dan gambar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan