Mohon tunggu...
Muhammad Mekki Al Madani Aba
Muhammad Mekki Al Madani Aba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Lepas

Seorang Mahasiswa jurusan manajemen pendidikan yang sudah aktid di dunia kepenulisan sejak SMA

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pentingnya Manajemen Waktu

18 November 2021   13:20 Diperbarui: 18 November 2021   13:35 368 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pentingnya Belajar Manajemen Waktu Dari Hal Sederhana

Sudah dirasakan oleh banyak orang, manajemen waktu merupakan hal yang mudah untuk dipikirkan namun susah dalam pelaksanaannya. Menurut Atkinson manajemen waktu memiliki pengertian sebgai suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk usaha dan tindakan seseorang yang dilakukan dengan terencana agar orang tersebut mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Sedangakn Menurut Akram, manajemen waktu diartikan sebagai kemampuan dalam menggunakan waktu dengan efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Dari beberapa paparan diatas dapat kita simpulkan, manajemen waktu adalah kemampuan kita dalam memanfaatkan waktu dengan seefektif dan seefisien mugkin sehingga melalui kegiatan perencanaan yang matang.

Dalam kehidupan sehari-hari penulis sendiri membiasakan memanajamen waktu dalam kegiatan seharai hari agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, penulis sendiri sangat merasakan manfaat apabila kita berhasil melaksanakan manajemen waktu yang telah direncanakan. Oleh karena itu penulis akan memberikan tips-tips baik dari pengalaman penulis sendiri maupun dari beberapa refrensi lain.

1. Memulai dari hal sederhana

Menurut pengalaman penulis, dalam memulai hal baru mulailah dari hal yang paling sederhana begitu pula saat kita mulai melaksanakan manajemen waktu (time management) dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita bisa mulai perencanaan katan kita harus tidur, kapan kita harus bangun, kapan kita harus bermain dan beristirahat.

2. Laksanakan secara konsisten

Agar kebiasaan memanajemen waktu dapat terealisasi dalam kebiasaan sehari-hari kita, maka kita harus melaksanakan secara konsisten sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang lama, karena membentuk suatu kebiasaan tidak bisa hanya melakukann suatu pekerjaan satu dua kali tapi berkali-kali secara terus menerus.

3. Tentukan mana prioritasmu

Penentuan skala prioritas sanggatlah penting karena hal ini berpengaruh pada sukses tidaknya tanggungan pekerjaan yang kita miliki, penentuan prioritas juga berfungsi agar kita tahu mana pekerjaan besar yang harus kita selesaikan terlebih dahulu tanpa meninggalkan pekerjaan-pekerjaan kecil yang ada.

4. Membagi pekerjaan

Apabila kita memiliki pekerjaan yang terjadi bersamaan dan sama pentingnya maka tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan teman atau orang kepercayaan kita dalam menghandle pekerjaan tersebut. Hal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan rasa kepercayaan antara kita dengan orang yang diberikan pekerjaan tadi.

5. Berani menolak dan katakan tidak

Apabila kamu memiliki pekerjaan atau kesibukan yang menurutmu tidak sesuai dengan tujuan atau cita-citamu maka tolak dan katakan tidak. Mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfaat sangat berbahaya dalam kehidupan jangka panjang.

Ditulis oleh : Muhammad Mekki Al-Madani Aba, Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam UIN Walisongo Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan