Mohon tunggu...
MUHAMMAD ANDRIFATURRAHMAN
MUHAMMAD ANDRIFATURRAHMAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah seorang mahasiswa laki - laki yang hobi bermain game

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perpustakaan sebagai Jembatan untuk Kemajuan Bangsa

27 November 2021   19:23 Diperbarui: 27 November 2021   19:26 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perpustakaan adalah jantung atau urat nadi bagi suatu Pendidikan untuk kemajuan bangsa. Perpustakaan ketika ini, tidak lagi hanya sebagai tempat menyimpan serta mencari buku, namun lebih asal itu yaitu sebagai tempat mencari informasi dan untuk penyebaran ilmu di suatu bangsa. Tujuan berdirinya perpustakaan nya salah satun untuk mencerdaskan anak bangsa  dalam dunia pendidikan  karena anak bangsa  penerus  bangsa di masa depan. mendapatkan informasi asal suatu perpustakaan adalah menjadi sumber daya infomasi sebagai penggerak maju nya instansi daerah tuntutan menjadi buat adaptasi terhadap perkembangan informasi.

Perpustakaan mempunyai peran menjadi pelestarian ilmu pengetahuan, isu, pendidikan, penelitian, rekreasi, serta kultural. Perpustakaan yang ideal intinya artinya sebuah perpustakaan yang bisa memberdayakan masyarakat, melakukan revolusi minat baca dan mampu membarui karakter masyarakat berasal warga guna informasi menjadi masyarakat yang berliterasi. 

Peran perpustakaan untuk memajukan bangsa yaitu perpustakaan perlu melakukan reformasi dalam mewujudkan  peranya untuk mencerdaskan bangsa, reformasi berarti mengubah dari keadaan statistik menjadi dinamis, mencari bentuk-bentuk yang baru dan kreativitas lepas dari pengaruh lama yang kurang menggairahkan, dengan melihat apa yang telah terjadi. 

Keunggulan perpustakaan dalam kemajuan bangsa meningkatkan informasi dalam dunia penginformasian  semakin  banyaknya  mendapatkan informasi yang terbaaru semakin luasnya pemikiran seseorang dalam  mengupdate   berita  terkini, dalam  dunia  bersosialisasi  seseorang  memang harus memerlukan informasi, informasi bisa di dapatkan di dalam perpustakaan mengapa demikian karena seperti yang sudah saya paparkan di atas perpustakaan adalah pusat informasi terdekat di perpustakaan banyak sekali informasi yang telah di sediakan oleh  pustakawan untuk pemustaka jangan beranggapan bahwa perpustakaaan  hanya diperuntukaan untuk  siswa/ mahasiswa. 

Pemikiran seperti itu tidak lah di benarkan, dalam dunia perpustakaan. Perpustakaan berdiri  untuk masyatrakat bukan hanya untuk siswa/ mahasiswa tetapi  perpustaaan berdiri untuk masyarakat.  Perpustakaan banyak sekali menyediakan informasi  terbaru sehingga masyarakat dapat  menikmati informasi yang terlah disediakan sehingga wawasan masyarakat tapat terkembang  dan pemikiran masyarakat pun tidak ketinggalan jaman. 

Mengap perp[ustakaan dikatakan  jembatan dari sebuah bangsa? Karena  perpustakaan adalah salah satu balai pendidikan yang dapat menopang kemajuan bangsa dengan berkunjung  keperpustakaan semua informasi semua wawasan dalam mengembangkan pemikiran seseorang dengan berkembangnya pemikiran seseorang akan membuat seseorang  memiliki wawasan dalam mengembangkan suatu pemikiran dalam memajukan  suatu bangsa setidaknya strategi  dalam memajukan bangsa sudah didapatkan sehingga di suatu hari nanti dalam bersaing di dunia luar kita sudah memiliki strategi  dan apa yang akan dilakukan di masa kini dan masa yang akan datang.

Banyak sekali dunia pendidikan yang tidak bekerja sama dengan perpustakaan contoh yang saya temukan disekitar saya seperti tenaga pendidik tidak bekerja sama dengan perpustakaan mengapa hal itu terjadi ? karena tenaga pendidik atau guru disekolah-sekolah hanya fokus dengan satu buku saja seperti buku paket, hal ini disayangkan karena perpustakaan hadir untuk mencerdaskan bangsa koleksi-koleksi yang ada diperpustakaan juga berkaitan dengan mata pelajaran seharusnya guru dapat bekerja sama dengan pustakawan dalam menarik pemustaka dalam mencari referensi, belajar diperpustakaan dan menggunakan koleksi yang ada diperpustakaan.

Apabila  dunia pendidikan sudah menggunakan perpustakaan apakah dunia pendidikan akan maju seperti yang dikatakan di judul. Menurut saya akan maju karena  semakin  kita banyak mengalih informasi semakin banyak wawasan dan bisa dikembangkan di kehidupan sehari hari dan di dunia pendidikan otomatis  seseorang dapat  memajukan bangsa dalam dunia pendidikan

  Artikel yang saya tulis ini berharap masyarakat dapat membuka pemikiran dan memanfaatkan perpustakaan mulai sekarang dalam kehidupan sehari hari.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan