Mohon tunggu...
muhammad alvan
muhammad alvan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Introvert

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa PMM Membuat Art Kaligrafi dari 20 Sifat Wajib Allah di Kelurahan Gading Kasri

6 Oktober 2022   02:40 Diperbarui: 6 Oktober 2022   03:47 445 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan 5 orang dari kelompok 32 gelombang 6 telah selesai menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). dengan tujuan untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian UMM.

Salah satu proker utama yang dijalankan oleh mahasiswa PMM di Kelurahan Gading Kasri adalah Membuat sebuah karya seni berupa gambar kaligrafi 20 Sifat Wajib Allah di salah satu tembok rumah warga.

Menurut ketua kelompok yaitu Ilham yang juga merupakan koordinator desa, alasannya memilih untuk membuat gambar kaligrafi 20 sifat wajib Allah dan menjadikannya sebagai proker utama, dikarenakan Kelurahan Gading Kasri RT01 / RW 06 memiliki sebutan sebagai Kampung Santren "Kampung Tematik". Sehingga hasil dari kegiatan tersebut nantinya dapat membantu Kelurahan Gading Kasri untuk menjadi Kampung Tematik yang menakjubkan.

Pada kegiatan ini juga mahasiswa PMM tidak mengerjakannya sendirian. Salah satu warga Kelurahan Gading Kasri yang juga merupakan mahasiswa seni rupa yaitu Mas Hasbi, turut membantu dalam proses penggambaran desain dan penulisan kaligrafi 20 Sifat Wajib Allah serta selalu turut hadir selama proses kegiatan berjalan. 

Kegiatan kali ini dimulai di minggu ketiga kegiatan PMM, dimana ada minggu tersebut juga bertepatan di hari pertama penilaian untuk lomba kampung berseri.

Kegiatan ini cukup memakan waktu, dari awal memulai proses pembersihan tembok dari cat yang kering dan terkelupas, pengukuran tembok, penggambaran design, pengecatan, pembuatan objek gambar guna untuk menambah objek gambar agar semakin menarik, hingga penulisan kaligrafi 20 Sifat Wajib Allah beserta Artinya membutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu. 

Selama proses perngerjaan semua anggota selalu penuh semangat menjalankan kegiatan tersebut, hingga warga sekitar yang selalu memberikan makanan dan minuman selama proses pengerjaan.

Sembari berakhirnya kegiatan PMM di kelurahan Gading Kasri, pengerjaan kegiatan tersebut juga telah usai. Tembok yang awalnya berwarnakan biru polos dan cat yang telah pudar, kini telah menjadi sangat bagus. Gambar Kaligrafi 20 Sifat Wajib Allah yang dipadukan dengan pemandangan bertemakan padang pasir, membuat tembok tersebut sepertinya akan sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto nantinya.

Dengan selesainya proker ini, kami berharap ini akan menjadi salah satu manfaat untuk masyarakat Kelurahan Gading Kasri dan sekitarnya serta dapat membantu Kelurahan Gading Kasri memenangkan lomba Kampung Berseri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan