Mohon tunggu...
Muhammad zainuddinSE
Muhammad zainuddinSE Mohon Tunggu... Dosen - penulis yang inginkan kebaikan dunia akherat.

Dunia sementara akherat selamanya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Silaturahim Mempererat Ukhuwah Antar Kompasianer Kalsel

25 Agustus 2019   11:40 Diperbarui: 25 Agustus 2019   14:58 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banjarmasin 22 Agustus 2019 menjadi moment baik bagi para UKM khususnya di Banjarmasin, kegiatan yang dilaksanakan di Eatboss Cafe ini diselenggarakan oleh JNE bekerja sama dengan Kompasiana Banjarmasin.Kegiatan yang berkonsep Kopiwriting ini membawa tema "UKM Lokal di Pasar Digital".

Tidak hanya di Banjarmasin,  kegiatan ini juga telah dan akan diselenggarakan Kota besar lainnya di Indonesia.

Buat saya secara pribadi acara ini sangat menarik dan bermanfaat,  khususnya bagi para UKM,  dimana di zaman yang serba digital hari ini,  penting sekali untuk para UKM berlajar untuk bisa menyesuaikan, sehingga tidak ketinggalan zaman.

Dalam kegiatan kopiwriting ini hadir co-founder Sambal Acan Raja Banjar yaitu mas Aulia Abdi sebagai representasi UKM Lokal asli Banjarmasin. 

Beliau menceritakan bagaimana awalnya memulai bisnis sambal hingga buka restoran. yang awalnya hanya bermodal Rp 100.000 dan pemasaran di sosial media. 

Kini produknya sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia bahkan sampai ke Australia, sejak tahun 2014 Mas Aulia sudah bekerjasama dengan JNE terkait pengiriman pesanan. Bahkan tidak hanya terkait jasa kirim barang saja, dengan JNE Sambal Acan juga bekerjasama  pada sebuah platform baru milik JNE yang bernama Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara). 

Sebuah wadah bagi para UKM makanan dan oleh-oleh di seluruh Indonesia untuk menjual produk-produk mereka secara online via website pesona yang beralamat di www.pesonanusantara.co.id.

Dalam kegiatan ini juga hadir Pimpinan JNE kota Banjarmasin Depi Hariyanto, beliau menjelaskan Pesona hadir untuk mempromosikan produk UMKM lokal lebih luas lagi. 

Menurut beliau di Banjarmasin ada sekitar 300 member JNE Loyalty Card (JLC). Lebih lanjut beliau menjelaskan beberapa produk yang banyak dipasarkan oleh UKM di Banjarmasin. "Produknya rata-rata seperti tas, topi, sandal. Kalau makanannya masih Amplang" ujarnya.

Selain itu juga hadir pembicara dari walikota Banjarmasin dan Banjarbaru  yang diwakili oleh  Ir. Doyo Pudjadi (Asisten Bidang Perekonomian Pemkot Banjarmasin), dan Ir. Muhammad Rustam, MP (Diskop, UKM & Naker Pemkot Banjarbaru), keduanya wamenjelaskan terkait program pemerintah dalam meningkatkan UKM lokal agar mampu bersaing di pasar nasional bahkan internasional.  

Sisi lain dari acara ini adalah berkumpulnya para komunitas Kombatan atau Kompasianer Banua Kalimantan Selatan,
Sebuah komunitas yang anggotanya memiliki hobi yang sama yaitu menulis, meski mereka memiliki ragam profesi masing masing, seperti ASN,  Dosen,  Pemuka Agama,  karyawan, wartawan,  mahasiswa, dan juga wirausaha,  dalam kompasiana mareka dipersatukan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun