Mohon tunggu...
Muhammad Yoga
Muhammad Yoga Mohon Tunggu... Lainnya - Ganarditya

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Administrasi Publik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penyelewengan Dana Bansos Covid-19

28 Januari 2021   13:34 Diperbarui: 29 Januari 2021   18:45 169 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyelewengan Dana Bansos Covid-19
okezone.com

Pendahuluan

Latar belakang 

Komunikasi Politik atau yang biasa disebut Political Communication merupakan penyampaian pesan-pesan politik. Dalam komunikasi politik pengertian praktis merupakan perbincangan atau "obrolan" dengan hal yang membahas politik.
Contoh saat kita ngobrol tentang Ketua RT, RW, Lurah/Kepala Desa, Camat, dan seterusnya hingga para menteri dan presiden, hakikatnya kita tengah melakukan komunikasi politik.

Dalam istilah ilmiah nya, Komunikasi Politik merupakan komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah
Dalam pengertian ini, sebagai sebuah ilmu terapan, komunikasi politik bukanlah hal yang baru. Komunikasi politik juga dapat dipahami sebagai komunikasi antara siapa yang memerintah dan siapa yang diperintah.
Mengkomunikasikan politik tanpa adanya aksi politik yang kongkret sebenarnya telah dilakukan oleh siapapun contohnya : mahasiswa, dosen, tukang ojek, penjaga warung, dan seterusnya. Sehingga dapat memunculkan berbagai masalah dalam birokrasi contohnya Korupsi.

Korupsi merupakan sebuah sebuah tindakan tercela yang tergolong sebagai bentuk dari komunikasi politik dilakukan oleh aparatur sipil negara dengan menyalahgunakan aturan atau wewenangnya masing -- masing. Ruang lingkup dari korupsi sendiri meliputi organisasi pemerintahan maupun organisasi swasta. Bahkan di dalam administrasi publik memiliki sebuah peran besar dalam meliputi keseluruhan aspek baik dari lingkungan sosial, politik, budaya, maupun hukum yang mempengaruhi pelaksanaan tugas dari lembaga negara tersebut juga sering di korupsikan.

Adapun inti dari korupsi adalah merugikan negara serta merugikan rakyat nya baik dalam bentuk material maupun non material.

Teori dari korupsi sendiri merupakan sumber pemahaman bagi masyarakat khususnya mahasiswa sendiri untuk menerapkan konsep anti korupsi.. Oleh karena itu pada opini kali ini saya akan membahas tentang Korupsi Dana Bansos Covid 19.

Manfaat Penulisan 

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka manfaat dari penulisan adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengetahui penerapan dari korupsi tersebut di dalam Administrasi Publik
  • Untuk memahami hubungan korupsi tersebut dengan pembelajaran mahasiswa Administrasi Publik

Pembahasan

Korupsi merupakan sebuah kata yang sering kita dengar dan pahami, siapa juga yang tidak mengenal korupsi dalam artian mudah merupakan sebuah bentuk penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan dengan adanya unsur komunikasi politik antara satu pihak dengan pihak lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan