Mohon tunggu...
Muhammad FadliMatin
Muhammad FadliMatin Mohon Tunggu... Mahasiswa - 20 tahun mahasiswa

Better is not enough

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Penyuntingan dalam Penerbitan

19 September 2021   14:45 Diperbarui: 19 September 2021   14:52 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Penyuntingan dalam Penerbitan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Didalam Penerbitan kita mengetahui adanya penyuntingan. Apasih Penyuntingan itu? mari kita bahas.

         Penyunting adalah orang yang ada dibalik sebuah buku selain pengarangnya. Ia dituntut untuk menjadi serba bisa karena tugas seorang penyunting bukan hanya korektor naskah. Ia harus dapat berkomunikasi dengan pengarang/penulis naskah sebagai kliennya, dengan pemasaran untuk melihat lakunya buku dipasaran, dan dengan lingkungan agar tahu apa yang diinginkan pembaca. Penyunting harus banyak membaca dan  mempunyai keahlian menulis. Manfaat membaca agar mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. Ada kalanya ia menganalisis naskah yang bukan bidangnya, maka setidaknya ia harus tahu dasar-dasarnya meskipun diperlukan komunikasi tambahan dengan orang yang ahli dibidangnya. 

        Menyunting memiliki arti memperbaiki tulisan yang salah menjadi tulisan yang benar. Kegiatan menyunting dilakukan dengan cara memperbaiki ejaan, pilihan kata, dan keefektifan kalimat. Sebelum melakukan proses menyunting, seorang penyunting harus membaca isi tulisan yang akan disuntingnya. Pada dasarnya, seorang penyunting bertujuan untuk membantu penulis menyampaikan pesan kepada pembacanya dari ide yang dituangkannya dalam sebuah tulisan. Oleh karena itu, sebelum memulai kegiatan menyunting, seorang penyunting harus memahami betul tulisan yang akan disuntingnya. Penyunting naskah akan kesulitan apabila tidak memahami hal dasar tersebut. Selain itu, penyunting juga harus mengetahui perkembangan bahasa dan istilah yang hidup di masyarakat dan bahasa dalam ilmu pengetahuan. Dengan pemahaman yang diperolehnya, maka kegiatan menyunting dapat dilakukan dengan berdasarkan bahasa yang baik dan benar. 

        Kegiatan menyunting juga akan semakin meningkatkan kemampuan menulis. Dengan menyunting kita akan tahu tata letak tanda baca, penggunaan kata dan penyusunan kalimat agar tidak rumpang, singkatan kata, dan bahasa asing atau bahasa latin yang sebelumnya tidak kita ketahui.

        Secara rinci tugas Penyunting adalah Menyunting dari segi kebahasaan ,memperbaiki tulisan dengan persetujuan penulis, membuat  membuat tulisan lebih enak dibaca dan dapat dimengerti oleh pembacanya agar para pembaca tidak bingung saat membaca tulisannya.

Jadi itulah apa yang dimaksud dengan penyuntingan dan pentingnya penyuntingan dalam penerbitan.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan