Mohon tunggu...
Muhammad NurulIqbal
Muhammad NurulIqbal Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

Fotografer dan editing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dengan Adab Membawa Kita Menuju Gerbang Keberkahan dalam Menuntut Ilmu

30 November 2022   01:08 Diperbarui: 30 November 2022   01:21 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

DENGAN Adab membawa kita menuju gerbang keberkahan
Dalam menuntut ilmu

Sumber : https://www.instagram.com/p/CZel1MEv_Fm/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Nama : Muhammad Nurul Iqbal (2222012)
Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Institut Islam Nahdlotul Ulama' Temanggung

A. Pendahuluan
Ilmu merupakan sebuah kunci dari kehidupan kita didunia ini dan kunci dari segalah hal keikan dan pengatahuan. Dengan adanya ilmu sebagai sarana kita unjuk menjalankan semua perintah dan meninggalkaj larangan Allah SWT. Tidak dikataoan sempurna keimanan dan amal ibadah kita apabila kita tidak berilmu. Hal tersebut bisa dikatan bahwa menuntut ilmu sebagai kebutuhan yang lebih penting dibandingkna kebutuhan yang lainnya.

Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi semua umat muslim. Oleh sebab itu, kita sebagai umat muslim harus menuntut ilmu. Jika enggan menuntut ilmu sangatlah berdosa buat seorang itu. Sangat pentingnya menuntut ilmu tidak sedikit ayat al-qur'an dan hadis Rosulullah yang menjelaslan mengenai betapa pentingnya dalam menuntut ilmu. Bahkan orang yang menuntut ilmu memiliki kedudukan yang sama dengan orang yang berjihad.

Menuntut ilmu haruslah diimbangi dengan etika atau aklak dalam menuntut ilmu. Seorang yang menuntut ilmu sampai memiliki ilmu yang tinggi yang tidak memiliki etika dan aklak maka percuma ilmu yang dia dapatkan.  

B. Isi
1. Pengertian dan kewajiban dalam menuntut ilmu
Sebelum membahas lebih dalam lagi kita haruslah lebih memahami dari pengertian "Ilmu". Secara etimologi ilmu ber asal dari bahasa Arab yaitu " Ilm" Yang memiliki arti mengerti, memahai atau mengetahui. 

Sedangkan secara terminologi ilmu berarti suatu pengetahuan yang berdasarkan kenyataan dan penyusunannya secara sistematis dan baik. Ilmu bukan hanya pengetahuan melainkan mencakup sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori yang telah disepakati dan diuji secara sestematik melalui berbagai metode tertentu yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.

Dalam islam ilmu sangatlah penting karena belajar didalam islam memiliki tujuan kita agar dapat ilmu didunia dan mendapat bekal diakhirat juga. Ilmu dunia berfungsi untuk mempermudahkan dikehidupan dunia sedangkan ilmu akhirat dicari supaya manusia memiliki tuntunan serta tidak tersesat dalah hal kebatilan. Karena manusia sejatinya tujuan yang sebenarnya yaitu akirat, maka untuk memiliki ilmu akhirat manusia juga memerlukan ilmu agama.

Tidak hanya itu, di wajibkannya menuntut ilmu itu juga tercantum pada Al-qur'an dalam surah al-'alaq ayat 1-5 dimana ayat tersebut wahyu pertama kali yang diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW yang artinya "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha mulia. Yang mengajarkan (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya," (Q.S. Al-'alaq : 1-5).

Dalam ayat tersebut terdapat kalimat perintah yang menunjukkan betapa pentingnya menuntut ilmu yakni "Bacalah". Seluluh gander memiliki hak dan kewajiban baik itu laki-laki taupun perempuan karena sama-sama menjadi khalifah dimuka bumi ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun