Kegiatan eksperimen didefinisikan sebagai kesanggupan untuk memperbaharui, menemukan, yang dimana kegiatan ini lebih tepatnya menempatkan bagian-bagian yang belum pernah ditempatkan seperti nilai atau mempertinggi keindahan.
Kegiatan sehari-hari anak dengan melakukan suatu kegiatan eksperimen akan melatih perkembangan kreativitas, kemampuan berpikir logis, meningkatkan rasa keingintahuan dan senang mengamati pada ilmu pengetahuan alam. Kata dari eksperimen yang dapat diartikan suatu percobaan yang diterapkan dalam suatu pembelajaran dengan memberikan pengalaman dan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan suatu percobaan yang lebih mengutamakan proses daripada hasil, contohnya : bila balon ditiup, bila warna dicampur, dan bila tanah liat dibentuk.
Metode eksperimen (percobaan) adalah suatu tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar menghasilkan suatu produk yang dapat dinikmati masyarakat secara aman dan dalam pembelajaran melibatkan siswa dengan mengalami dan membuktikan sendiri proses dan hasil percobaan itu, (Sumantri, 1999:157).
Setiap anak memiliki proses yang berbeda-beda tentang kegiatan yang dilakukannya, karena dengan rasa takjub dan kekaguman akan rahasi-rahasia alam inilah anak akan tetap menyukai aktivitas belajar sampai tua, dengan menggunakan kegiatan eksperimen pula anak akan menemukan suatu ide baru ataupun karya baru yang belum pernah mereka temui sebelumnya.
Melalui kegiatan eksperimen pula anak-anak dapat menemukan suatu ide baru ataupun karya baru yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Beberapa yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menyelenggarakan eksperimen, yaitu sebagai berikut:
a. Memfasilitasi minat anak tentang sesuatu dan menerapkannya dalam permasalahan yang nyata.
b. Memfasilitasi minat anak dengan permasalahan yang bersifat umum kepada masalah yang bersifat sederhana.
Adapun beberapa strategi suatu pelaksanaan tentang kegiatan eksperiman yang dapat dipersiapkan oleh pendidik untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini di taman kanak-kanak, yaitu sebagai berikut :
1. Â Memilih suatu masalah yang sederhana saja.
2. Â Mengamati dan menganalisis suatu masalah dengan berbagai cara apapun akan tetapi menggunakan kegiatan eksperimen
3. Â Menentukantema dan lingkup kegiatan yang imajinatif