Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Guru - Never give up
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Just To Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami Perkembangan Bahasa AUD

27 Maret 2020   03:12 Diperbarui: 27 Maret 2020   03:04 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.posb.com.sg/

Definisi Bahasa adalah suatu bentuk komunikasi, yang terdapat pada lisan, tertulis atau isyarat-isyarat yang berdasarkan pada suatu dari simbol-simbol. 

Bahasa juga memiliki 3 tahap yaitu: 

1. Masa bayi

    Tahap awal, mengeluarkan suara dan celoteh serta vokalisasi dari sejak dia lahir. Tujuan komunikasi awal ini adalah untuk menarik perhatian pengasuh dan orang-orang lain dalam lingkungannya.

2. Masa kanak-kanak awal

    Tahap kedua, ketika anak meninggalkan tahapan dua kata, mereka bergerak cepat menuju kombinasi tiga-empat-lima kata. 

3. Masa kanak-kanak menengah dan akhir 

    Tahap ketiga, selama masa kanak-kanak menengah dan akhir anak-anak membuat banyak kemajuan dalam kosa kata serta tata bahasa anak.

     Pemahaman anak terhadap kosa kata terjadi melalui proses pemetaan cepat, proses ini merupakan proses dimana anak dapat mampu menyerap arti dari kata-kata yang baru mereka pernah dengar sekali atau dua kali dalam satu percakapan. Kata pertama yang telah diucapkan oleh bayi adalah suatu moment yang sangat dinantikan oleh para orang tua. Peristiwa ini terjadi pada 10 sampai 15 bukan dan rata-rata pada usia 13 bulan. 

     Setelah anak mampu memahami maksud dari berbagai kosakata, anak akan merangkai kata-kata (sintaksis) tersebut menjadi kalimat yang lebih mudah difahami.

     Dalam merangkai kata-kata untuk tujuan komunikasi diperlukan struktur tata bahasa yang baik. Di usia 3 tahun umumnya anak sudah mampu menggunakan kata ganti kepemilikan, bahkan anak juga sudah mampu membedakan kata aku, kamu dan kita. Ketika dalam rentang usia pada 4-5 tahun, kalimat yang dilafalkan anak biasanya memiliki komposisi kurang lebih empat hingga lima kosakata. Di usia 5-7 tahun perkataan anak-anak terdengar seperti orang dewasa  berbicara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun