Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Never give up

Just To Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memahami Perkembangan Bahasa AUD

27 Maret 2020   03:12 Diperbarui: 27 Maret 2020   03:04 8 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Perkembangan Bahasa AUD
https://www.posb.com.sg/

Definisi Bahasa adalah suatu bentuk komunikasi, yang terdapat pada lisan, tertulis atau isyarat-isyarat yang berdasarkan pada suatu dari simbol-simbol. 

Bahasa juga memiliki 3 tahap yaitu: 

1. Masa bayi

    Tahap awal, mengeluarkan suara dan celoteh serta vokalisasi dari sejak dia lahir. Tujuan komunikasi awal ini adalah untuk menarik perhatian pengasuh dan orang-orang lain dalam lingkungannya.

2. Masa kanak-kanak awal

    Tahap kedua, ketika anak meninggalkan tahapan dua kata, mereka bergerak cepat menuju kombinasi tiga-empat-lima kata. 

3. Masa kanak-kanak menengah dan akhir 

    Tahap ketiga, selama masa kanak-kanak menengah dan akhir anak-anak membuat banyak kemajuan dalam kosa kata serta tata bahasa anak.

     Pemahaman anak terhadap kosa kata terjadi melalui proses pemetaan cepat, proses ini merupakan proses dimana anak dapat mampu menyerap arti dari kata-kata yang baru mereka pernah dengar sekali atau dua kali dalam satu percakapan. Kata pertama yang telah diucapkan oleh bayi adalah suatu moment yang sangat dinantikan oleh para orang tua. Peristiwa ini terjadi pada 10 sampai 15 bukan dan rata-rata pada usia 13 bulan. 

     Setelah anak mampu memahami maksud dari berbagai kosakata, anak akan merangkai kata-kata (sintaksis) tersebut menjadi kalimat yang lebih mudah difahami.

     Dalam merangkai kata-kata untuk tujuan komunikasi diperlukan struktur tata bahasa yang baik. Di usia 3 tahun umumnya anak sudah mampu menggunakan kata ganti kepemilikan, bahkan anak juga sudah mampu membedakan kata aku, kamu dan kita. Ketika dalam rentang usia pada 4-5 tahun, kalimat yang dilafalkan anak biasanya memiliki komposisi kurang lebih empat hingga lima kosakata. Di usia 5-7 tahun perkataan anak-anak terdengar seperti orang dewasa  berbicara.

     Salah satu penyebabnya terhambatnya tumbuh kembang anak adalah gangguan bicara dan bahasa. Banyak penyebab mengapa beberapa anak mengalami keterlambatan berbicara, namun belum begitu jelas beberapa bukti yang dipaparkan. Suatu kecenderungan dimana anak sulit dalam mengekspresikan keinginan atau perasaan orang lain seperti, tidak mampu dalam berbicara secara jelas dan kurangnya penguasaan kosa kata yang membuat anak tersebut berbeda dengan anak lain seusianya bisa disebut keterlambatan dalam berbicara. Faktor utama dalam perkembangan membaca dan menulis bagi anak usia dini adalah dengan adanya interaksi sosial.

Sekian artikel dari saya, jika ada salah kata dan tidak mengenakkan bagi pembaca mohon maaf yang sebesar-besarnya, terima kasih.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x