Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Guru - Never give up
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Just To Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami Psikologi Perkembangan dan Psikologi Kognitif

5 Maret 2020   20:38 Diperbarui: 5 Maret 2020   20:42 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam Proses Belajar Mengajar Menurut Jerome Bruner

J. Bruner telah mengemukakan bahwa setiap mata pembelajaran dapat diajarkan secara efektif dengan bentuk yang jujur secara intelektual terhadap masing-masing anak dalam tingkat perkembangannya.

Perkembangan Intelektual Anak dibagi menjadi tiga taraf, yaitu: 

1. Fase Pra-Operasional, anak pada usia 5-6 tahap, masa pra sekolah. Pada taraf ini anak tidak dapat mengadakan perbedaan yang tegas antara perasaan dan motif pribadinya dengan realitas dunia luar. Dikarenakan anak masih tidak bisa memahami dasar matematika dan fisika yang fundamental. Sehingga pada taraf ini kemungkinan untuk menyampaikan konsep-konsep tertentu terhadap anak terbatas.

2. Fase Operasi Kongkrit, pada taraf yang ke-2 ini operasi "Internalized" yang artinya dalam menghadapi suatu masalah anak tidak perlu memecahkannya dengan percobaan dan perbuatan yang nyata; anak telah dapat melakukannya dalam pikirannya. Namun, pada taraf operasi kongkrit ini anak hanya dapat memecahkan masalah yang sudah dialaminya atau dihadapinya dengan nyata. Justru sebaliknya, jika anak belum mampu memecahkan masalah yang belum dialaminya dan dihadapinya dengan nyata.

3. Fase Operasi Formal, pada taraf ini anak telah sanggup beroperasi dengan berdasarkan kemungkinan hipotesis dan tidak lagi dibatasi oleh apa yang berlangsung dihadapinya sebelumnya.

Menurut J.Bruner, inti dari belajar yaitu bagaimana cara seseorang dalam memilih antara mempertahankan dan mentranformasi informasi secara aktif.

Prinsip Dasar Teori J. Bruner:  

a. Empat tema pendidikan

     1. Pentingnya arti struktur pengetahuan 

     2. Kesiapan belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun