Mohon tunggu...
Muhammad Taufiq Hidayat
Muhammad Taufiq Hidayat Mohon Tunggu... handsomehuman

Membaca adalah alat paling dasar untuk meraih hidup yang baik. - Joseph Addison -

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ekowisata Indah nan Mempesona di Sudut Yogyakarta

20 Juni 2021   19:41 Diperbarui: 20 Juni 2021   19:56 221 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekowisata Indah nan Mempesona di Sudut Yogyakarta
Foto kolam pemandian yang ada di Ekowisata Sungai Mudal, Ahad (20/6/2021) Dokpri

YOGYAKARTA, - Berbicara tentang wisata, Daerah Istimewa Yogyakarta seakan tiada habisnya dalam menyediakan tempat indah yang dapat memanjakan mata. Dari ujung timur hingga ke ujung barat, Kota Yogyakarta banyak sekali menyediakan tempat hiburan atau tempat wisata yang sangat menarik untuk dapat kita kunjungi. Kali ini kita akan membahas salah satu ekowisata yang indah dan tidak kalah menarik dengan tempat - tempat wisata lain. Tempat wisata ini bernama Ekowisata Sungai Mudal yang terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Dengan pemandangan yang indah dan segar alami, ditambah dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, ekowisata ini sangat di rekomendasikan bagi kamu yang ingin berlibur di Yogyakarta.

Dari pusat kota Yogyakarta, dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit untuk bisa sampai ke Ekowisata Sungai Mudal. Walau demikian, pemandangan yang dapat kamu lihat selama perjalanan tidak akan terasa membosankan. Sebab banyak sekali hamparan sawah yang tersusun dan terbentang rapi yang akan memanjakan mata kamu. Dan setibanya disana, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa memasuki ekowisata tersebut. Cukup menyediakan 10 ribu rupiah saja untuk satu orangnya, kamu sudah bisa menikmati seluruh keindahan alam yang ada di Ekowisata Sungai Mudal. 

"Untuk hari bukanya sendiri, Ekowisata ini buka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 08.30 hingga pukul 15.00. Dan terkait tarif masuknya juga, hari biasa dan hari libur itu sama, 10 ribu untuk satu orangnya." kata Pak Jumirin selaku SATLINMAS (Satjan Pelindung Masyarakat) Ekowisata Sungai Mudal. 

Di dalam Ekowisata Sungai Mudal ini sendiri, terdapat dua tempat pemandian yang dapat kamu pilih. Pemandian di bagian atas yang mempunyai kedalaman mulai dari 1 meter hingga 1,7 meter. Dan pemandian di bagian bawah yang mempunyai kedalaman mulai dari 1,5 meter hingga 2 meter. Terkhusus pemandian yang ada di bagian bawah, kamu dapat merasakan indahnya air terjun yang alami. Kamu tidak bisa berenang ?. Tak perlu Khawatir. Ekowisata Sungai Mudal menyediakan tempat untuk kamu yang ingin sewa ban dan sewa pelampung. Untuk harganya sendiri, 5 ribu rupiah untuk sewa ban dan 10 ribu rupiah untuk sewa pelampung. Sangat terjangkau dan kamu bisa memakai dengan sepuasnya. 

Selain bisa berenang, kamu juga bisa menikmati pijat refleksi ikan yang telah disediakan secara GRATIS. Wow, menarik bukan. Kamu bisa merasakan pijat refleksi ikan tersebut secara cuma-cuma. Disamping itu juga, bagi kamu yang membawa keluarga dan ingin piknik, Ekowisata Sungai Mudal menyediakan tempat untuk kamu yang mau piknik bareng dengan keluarga. Tak lupa juga, Ekowisata Sungai Mudal menyediakan kantin yang siap mengisi kekosongan perut kamu. Untuk harga dan rasanya sendiri tak perlu diragukan lagi. Dijamin terjangkau dan lezat untuk dinikmati. Terakhir, untuk fasilitas wc dan kamar mandi yang disediakan terbilang sangat bersih. Hal ini dikarenakan tempat tersebut selalu dirawat oleh para penjaga Ekowisata Sungai Mudal. 

Foto air terjun yang ada di Ekowisata Sungai Mudal, Ahad (20/6/2021) Dokpri
Foto air terjun yang ada di Ekowisata Sungai Mudal, Ahad (20/6/2021) Dokpri

Spot - spot foto yang menarik dan instragamable, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi Ekowisata Sungai Mudal. Ada salah satu spot foto menarik yang disediakan di ekowisata tersebut. Yakni salah satu jembatan yang terletak diantara pemandian bagian atas dan pemandian bagian bawah. Nama jembatan itu pun terbilang unik, yaitu bernama Jembatan Cinta. Wah. Cocok sekali bagi kamu yang membawa pasangan ke Ekowisata Sungai Mudal. Menikmati keindahan alam yang sangat indah dan bisa mengabadikan momen momen bersama pasangan di tempat yang indah pula.

Pak Jumirin mengatakan untuk jumlah pengunjung disetiap harinya terbilang selalu ramai. Meskipun Ekowisata Sungai Mudal ini terbilang cukup jauh dari pusat kota, hal tersebut tidak membuat para wisatawan enggan berkunjung ke ekowisata tersebut. Bahkan, ketika hari libur, para wisatawan bisa membludak hingga ratusan orang yang mengunjungi Ekowisata Sungai Mudal ini. Dan tak lupa juga Pak Jumirin  mengungkapkan, bahwasanya untuk menjaga kelestarian Ekowisata Sungai Mudal itu sendiri, terdapat sekitar 60 orang yang bertugas. Pembagiannya sendiri mulai dari keamanan, penjaga tiket masuk, kebersihan, dll. Merekalah sosok dibalik terawatnya keindahan yang ada di Ekowisata Sungai Mudal. 

Banyak sekali keindahan - keindahan alam yang pastinya belum kita ketahui seluruhnya. Baik itu yang sudah terjamah oleh manusia, maupun yang belum sama sekali. Tugas kita sebagai manusia hanyalah selalu menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan dimanapun kita berada. Mulai dari tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunduli hutan, dan lain sebagainya. Sebab, keindahan alam yang terhampar luas juga disediakan oleh Sang Pencipta untuk bisa kita rasakan bersama. Dan kalau bukan kita semua yang merawatnya, siapa lagi ?!. 

VIDEO PILIHAN