Mohon tunggu...
MUHAMMAD ALI EFENDI
MUHAMMAD ALI EFENDI Mohon Tunggu... Pemerhati pendidikan, penulis dan youtubef

m.ali.efendi1977@gmail.com 081335593027 YouTube: PETIR PAMUNGKAS

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Pramuka MTs N 7 Blitar dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara

14 Agustus 2020   10:24 Diperbarui: 14 Agustus 2020   10:54 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Pramuka MTs N 7 Blitar dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara
Foto 1. Majelis Pembimbing Gudep 1331-1332 Pangkalan MTsN 7 Blitar (Foto koleksi pribadi)

Siapa yang tidak kenal dengan Pramuka? siapapun pasti akan bangga menjadi anggota Gerakan Pramuka. Pramuka praja muda karana merupakan organisasi kumpulan pemuda atau orang yang berjiwa muda. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961. Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka. 

Foto 2. Tema HUT Pramuka ke 59 Tahun 2020 (Foto koleksi pribadi)
Foto 2. Tema HUT Pramuka ke 59 Tahun 2020 (Foto koleksi pribadi)
Pangkalan MTsN 7 Blitar Gugus depan 1331-1332 merupakan salah satu pangkalan Gerakan Pramuka yang berada di pelosok pegunungan yang dekat dengan pesisir pantai selatan Jolosutro yang tetap eksis dalam pembinaan peserta didiknya melalui ekstrakurikuler Pramuka. Pada peringatan ulang tahun Pramuka ke 59 tanggal 14 Agustus 2020 dalam suasana wabah pandemik corona covid 19 tetap melaksanakan apel upacara. 

Dimana pada tahun-tahun sebelumnya peringatan hari ulang tahun pramuka diadakan secara bersama-sama dengan pangkalan MIN 3 Blitar dan MA. Nurul Islam di bawah koordinasi Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islam (YPDI) Al Hasan. 

Foto 3. Foto bersama peserta Apel HUT Pramuka ke 59 tahun 2020 dengan tetap memakai masker (Foto koleksi pribadi)
Foto 3. Foto bersama peserta Apel HUT Pramuka ke 59 tahun 2020 dengan tetap memakai masker (Foto koleksi pribadi)
Pelaksanaan Apel upacara Hari Ulang Tahun Pramuka ke 59 di Pangkalan MTsN 7 Blitar diikuti oleh Kamabigus MTsN 7 Blitar, staf tata usaha dan semua guru. Dengan khidmat acara ini dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir 08.30. Selaku pembina apel yaitu Kamabigus MTsN 7 blitar yaitu Kak. Drs. Muh. Fakih Hudin, MA, komandan apel Kak Muchsin Amimulloh, S.PdI. Dalam amanahnya, Kamabigus MTsN 7 Blitar menjelaskan bahwa gerakan pramuka sebagai wadah pramuka harus dapat menanamkan nilai-nilai dalam Dasa Dharma Pramuka kepada setiap anggotanya. 

Menurut Kak Drs. Muh. Fakih Hudin, MA seorang pramuka harus takwa kepada Tuhan YME; Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia; Patriot yang sopan dan kesatria; Patuh san suka bermusyawarah; Rela menolong dan tabah; Rajin, trampil dan gembira; Hemat, cermat dan bersahaja; Disiplin, berani dan setia; Bertanggungjawab dan dapat dipercaya; serta Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Foto 4. Suasana apel HUT Pramuka di Pangkalan MTsN 7 Blitar (Foto koleksi pribadi)
Foto 4. Suasana apel HUT Pramuka di Pangkalan MTsN 7 Blitar (Foto koleksi pribadi)
Selanjutnya, dalam kondisi wabah pandemik corona yang dikarenakan virus Covid-19, maka nilai-nilai yang bisa dan harus dipraktekkan secara nyata adalah rela menolong dan tabah. Setiap pramuka mempunyai kewajiban menolong kepada semua pihak yang terdampak wabah corona semaksimal mungkin. Lebih khusus kamabigus MTsN 7 Blitar mengingatkan untuk semua anggota pramuka untuk lebih aktif menolong dan memberikan bantuan kepada anggota pramuka yang ada di Pangkalan MTsN 7 Blitar yang terdampak.

Diantaranya akan memberikan bantuan kepada anggota pramuka yang mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran daring atau online yang dikarenakan keterbatasan ekonomi dari orang tuanya. 

Foto 5. Pembina pramuka Pangkalan MTsN 7 Blitar (Foto koleksi pribadi) 
Foto 5. Pembina pramuka Pangkalan MTsN 7 Blitar (Foto koleksi pribadi) 
Hari ulang tahun pramuka ke 59 tahun 2020 ini bertemakan Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana covid-19 dan bela negara. Apa yang bisa kita lakukan sebagai anggota Gerakan Pramuka?. 

Maka Kamabigus mengintruksikan kepada semua anggota pramuka yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Pangkalan MTsN 7 Blitar untuk menerapkan dasa dharma pramuka yang  ke 8 yaitu, disiplin, berani dan setia. Disiplinlah dalam menggunakan masker dimanapun berada. Karena dengan disipilin pemakaian masker, merupakan salah satu ikhtiar kita untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. 

Jadilah tauladan di sekitar kita, jangan sampai kita sebagai anggota Gerakan Pramuka menjadi contoh yang kurang baik terhadap masyarakat sekitar dalam hal usaha memutus rantai penyebaran virus covid-19. 

Sebagai contoh tetap gunakan masker walaupun ada beberapa orang di sekitar kita tidak memakai masker. Sebagai anggota pramuka sekaligus guru, kita pastilah sebagai cermin dari masyarakat sekitar. Oleh karena itu marilah kita praktekkan semaksimal mungkin untuk berdisiplin dalam memakai masker. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x