Mohon tunggu...
Muhammad Andi Firmansyah
Muhammad Andi Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Politik

Fate seemed to be toying us with jokes that were really not funny.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Langit Berhantu

16 Desember 2021   19:00 Diperbarui: 16 Desember 2021   19:03 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Langit itu dipenuhi oleh hantu | Ilustrasi oleh Broesis via Pixabay

Terkadang aku bingung: mengapa hanya sedikit orang yang menikmati keindahan pantai di malam hari? Langit gelapnya yang berkilauan, desiran ombak yang tenang, jalanan berpasir yang lembut, kicauan burung yang gaduh; aku pikir itulah yang disebut kesempurnaan.

Tetapi mungkin saja aku tidak akan pernah berpikir demikian jika pria ringkih ini tidak mengajakku ke sini setiap Minggu malam. Dia adalah seseorang yang pada akhirnya, dengan penuh ketulusan, aku panggil Abi.

"Apakah Abi percaya dengan hantu?" tanyaku padanya yang sedari tadi penuh tatapan kosong.

"Ya, aku percaya," jawabnya sembari mengangkat pandangannya ke langit dengan penuh tatapan biru.

Aku benar-benar heran dengan jawaban itu, jadi kupikirkan sejenak sebelum kembali bertanya. Entah mengapa tanganku tiba-tiba menggenggam tangan kirinya, dan dia seperti tidak peduli dengan hanya melanjutkan langkahnya yang menyapu beberapa gundukan pasir.

"Aku kira Abi tidak percaya dengan hal-hal semacam itu."

"Apa? Bukan, bukan," sergahnya seraya tertawa dan menatapku. "Hantu yang kumaksud bukanlah hantu yang banyak dibicarakan orang. Lihatlah apa yang ada di atasmu, Hanna! Langit dipenuhi dengan hantu."

Dia jelas membuatku semakin bingung, dan tampaknya dia pun tahu itu. "Mari kita duduk sejenak," ajaknya.

Lantas kami duduk di hamparan pasir yang dingin, sesekali merasakan percikan ombak yang membawa beberapa kerang kecil yang malang. Dia melanjutkan, "Pilih satu bintang yang kausukai."

Dengan spontan, aku menunjuk satu titik cahaya mungil di sebelah timur. Bintang itu seperti kesepian karena rentang jaraknya dari bintang-bintang lain yang begitu jauh. Tetapi menariknya, bintang itu tampak tidak berkedip seolah cukup tangguh untuk menahan tangisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun