Mohon tunggu...
Pendidikan

Pembenahan Website Desa dan Pendampingan Pelaporan Penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa

18 Februari 2019   13:29 Diperbarui: 18 Februari 2019   14:25 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gondangwinangun, Ngadirejo -- Jumat (15/2), Penyelenggaraan pemerintahan yang transparan merupakan semangat yang dibawa oleh pemerintah Republik Indonesia di zaman yang modern ini. Pelayanan yang mudah, gratis, dan cepat menjadi prinsip dasar bagi setiap instansi pemerintah yang mempunyai prinsip kerja pelayanan langsung kepada masyarakat. 

Prinsip ini diterapkan dari mulai instansi tingkat nasional (kementrian), hingga sampai tataran desa. Pelayanan yang mudah, gratis, dan cepat juga harus diiringi dengan semangat transparansi untuk menghindari praktik-praktik yang telah membudaya dari zaman dahulu seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme. Transparansi juga diperlukan agar terwujudnya check and balance antara pemerintah sebagi penyelenggara urusan pemerintahan dan masyarakat sebagai subjek dari penyelenggaraan urusan pemerintahan tersebut. 

Untuk semakin mengimplementasikan semangat tranparansi di era digital, diperlukan adanya sebuah program yang memudahkan masyarakat untuk mengawasi kinerja dari pemerintah itu sendiri, salah satunya adalah website. Website ini didalamnya terkandung kegiatan dari pemerintahan, pelayanan yang berbasis online, rencana kerja, dan lain-lain. Dalam tataran desa, hal ini mampu diimplementasikan dalam wujud website desa. Dalam website desa ini, nantinya akan mengandung konten-konten seperti struktur pemerintahan desa, pelayanan desa berbasis online, rencana kerja, serta pelaporan kegiatan pemerintahan desa yang termasuk didalamnya adalah penggunaan anggaran pendapatan belanja desa.

Desa Gondangwinangun, telah mengimplementasikan wujud pemerintahan yang transparan ini dengan meluncurukan program website desa. Program website desa ini telah berjalan beberapa tahun setelah tepatdibangunnya tower SID di kantor balai desa Gondangwinangun. Website desa Gondangwinangun ini sudah mempunyai format yang tepat. Website desa Gondangwinangun mencangkup seluruh informasi terkait desa Gondangwinangun yang didalamnya struktur pemerintah desa, rancangan program kerja, dan sebagainya. 

Akan tetapi, website desa Gondangwinangun kurang berjalan sebagaimana mestinya. Karna masih banyak informasi yang kurang lengkap dan belum bisa diakses. Berdasarakan displin ilmu kuliah yang saya pelajari di Universitas Diponegoro yaitu ilmu politik dan pemerintahan, serta melihat permaslahan yang terdapat di desa Gondangwinangun tersebut, maka saya berinisiatif untuk menyusun program kerja yang berfokus kepada pembenahan website desa Gondangwinangun dan pendampingan laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran APBDes tahun 2018.

Pelaksanaan program kerja saya ini diawali dengan melihat dan mengevaluasi permasalahan yang terdapat di desa Gondangwinangun yang mempunyai ketersinambungan dengan displin ilmu kuliah yang saya pelajari. Setelah menemukan beberapa permasalahan yang terdapat di desa Gondangwinangun, saya mengkaji secara lebih mendalam terkait permasalahan-permasalahan tersebut. Demi mempertajam pisau analisis yang saya miliki untuk mengkaji permasalahan yang ada di desa Gondangwinangun, saya memilih partner berdiskusi yang sekiranya benar-benar menguasai segala permasalahan yang ada di desa Gondangwinangun yaitu stake holder desa Gondangwinangun yang didalamnya terdapat Kades, carik, dan beberapa perangkat desa Gondangwinangun. 

Langkah pengkajian ini saya ambil, untuk memudahkan saya dalam menentukan permasalahan mana yang sekiranya dapat saya selesaikan dengan batas waktu KKN yang telah ditentukan dan juga menentukan permasalahan yang sekiranya mempunyai sifat yang krusial di desa Gondangwinangun untuk segera dapat diselesaikan. Setelah melalui proses pengkajian permasalahan atau isu, langkah berikutnya adalah eliminasi permasalahana-permasalahan yang sekiranya tidak mungkin saya mampu selesaikan sehingga output dari langkah ini adalah saya dapat menentukan skala prioritas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sekiranya krusial dan mempunyai dampak yang nyata di masyarakat.

Proses pelaksanaan program kerja saya pada dasarnya tidak ada rintangan atau halangan yang terlalu sukar untuk saya hadapi. Selain karna kerja sama yang koperatif dari pihak pemerintah desa, program kerja saya juga terbantu dengan adanya template dasar dari website desa Gondangwinangun itu sendiri. Akan tetapi, permasalahan tentu masih saya hadapi dalam proses pelaksanaan program kerja saya. Antara lain, saya harus mempersiapkan satu persatu file yang sifatnya keterbukaan untuk informasi desa seperti LPJ APBDes, kegiatan pemerintah desa yang telah berjalan, dan keterbatasan format daripada website desa. Akan tetapi, pada akhirnya segala rintangan tersebut dapat saya atasi setelah saya berdiskusi dan meminta petunjuk dari sekertaris desa khususnya.

Hasil akhir daripada program kerja saya dapat dilihat melalui laman website desa Gondangwinangun yaitu www.gondangwinangun-ngadirejo.temanggungkab.go.id selain saya juga membantu mewujudkan prinsp pemerintahan yang transparan di desa Gondangwinangun, saya juga mampu mengakomodir data-data update tentang Gondangwinangun, khususnya yang ada hubungannya dengan program KKN Universiatas Diponegoro Tim I tahun 2019 yang bertempat di desa Gondangwinangun seperti data UMKM, peta desa, dan sebagainya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun