Mohon tunggu...
Muhammad Farhan
Muhammad Farhan Mohon Tunggu... Mahasiswa

membuat perubahan yang baru untuk menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Digital

Sensor Pintu Cerdas untuk Keamanan Rumah

28 September 2020   06:00 Diperbarui: 28 September 2020   06:32 7 2 1 Mohon Tunggu...

Dalam masa pandemi yang biasa disebut Covid-19, seluruh masyarakat terpaksa untuk terhambat melakukan aktivitas yang di lakukan sehari-hari. Apalagi pada saat sekarang ini pemerintah telah menetapkan protokol kesehatan yang sangat ketat sehingga kita harus mematuhinya demi keselamatan bersama, 

oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk menghambat penularan Covid-19 ini dari berbagai bidang. Hal ini menyebabkan dampak yang sangat besar di berbagai bidang apalagi bidang ekonomi dan menyebabkan terjadinya kriminalitas menjadi merajalela terutama pencurian barang berharga yang ada di rumah.

Pada saat sekarang, telah banyak terjadi pencurian yang sangat membuat kita khawatir akan hal ini apalagi di dalam kondisi saat ini. Kebutuhan semakin berkurang yang membuat kita untuk tidak berhentinya bekerja, tetapi karena hal itu kita juga khawatir dengan keadaan dirumah kita. Sebab itu kita harus memikirkan keadaan dirumah kita agar aman. 

Dengan telah berkembang pesat nya teknologi pada masa sekarang ini internet tidak hanya beguna untuk berkomunikasi antar manusia saja, internet juga bisa mengakses komunikasi terhadap benda yang disebut IoT (Internet of Things) . Agar rumah kita menjadi aman kita harus melakukan perubahan dengan menggunakan IoT (Internet of Things) untuk membuat sebuah alat teknologi otomatis di rumah kita yang memugkinkan orang tidak sembarangan masuk kerumah kita.

Kita akan membuat sensor pintu cerdas dimana kita menggunakan RFID yang biasa kita sebut Radio frequency identification yang merupakan sistem yang berguna untuk membaca data melalui gelombang radio. 

Kita akan membuat RFID membaca E-KTP kita, untuk membuat alat ini kita memerlukan komponen yaitu Arduino uno, 2 bread board, lcd 16x2 , RFID-RC552, relay 1 channel, selenoid door lock, resistor 220 ohm,kabel jumper dan juga membutuhkan power suplly dengan tegangan 12v. Cara penggunaanya yaitu tempelkan E-KTP yang sudah kita daftarkan di dalam RFID, apabila data E-KTP yang kita tempelkan sesuai, maka lcd akan menampilkan id E-KTP kita dan relay pun bergerak untuk membuka pintu dan jika id tidak sesuai maka relay tidak akan bergerak.

VIDEO PILIHAN