Mohon tunggu...
Muhammad Lahiq Al Farobbi
Muhammad Lahiq Al Farobbi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember '19

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Eksternalitas Positif dan Negatif Pembangunan Industri di Kabupaten Gresik

22 Maret 2020   04:32 Diperbarui: 22 Maret 2020   04:29 170 0 0 Mohon Tunggu...

Gresik merupakan salah satu kota industri di Indonesia. Industri besar berdiri di Gresik seperti pabrik Semen Gresik, PT Petrokimia Gresik, PT Maspion. Tidak hanya itu di Gresik juga berdiri indutri kecil yang menyebar di seluruh Kabupaten Gresik. Pada tahun 2018 Presiden Jokowi meresmikan pelabuhan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE). JIIPE sendiri adalah kawasan terintegrasi pertama di Indonesia, dengan total area 3.000 hektar, yang terdiri dari kawasan industri, pelabuhan umum multifungsi,dan hunian berkonsep kota mandiri.(JIIPE.com/profil) Pembangunan yang begitu menggeliat di Kabupaten Gresik dikarenakan gresik merupakan tempat yang strategis.  

Lalu bagaimana pengaruh eksternalitas pembangunan industri di Kabupaten Gresik ?

Secara umum dapat dikatakan bahwa eksternalitas adalah dampak tindakan seseorang atau suatu pihak terhadap kesejahteraan atau kondisi orang/pihak lain. (Mohammad Khusaini, 2006 : 7). Ditinjau dari dampaknya eksternalitas dibagi menjadi dua yakni eksternalitas positif dan eksternalitas negatif. Pembangunan industri di Kabupaten Gresik juga mempunyai dampak negatif dan positif.

Eksternalitas positif dengan adanya pembangunan industri di Kabupaten Gresik adalah dengan penyerapan tenaga kerja dan akan berdampak pada kesejahteraan masayarakat Gresik.

Pembangunan industri yang tidak lagi terpusat di kota dan sudah menyebar di pinggiran kota juga mempermudah masyarakat dalam mencari pekerjaan. Industri besar yang ada di Kabupaten Gresik juga dapat memenuhi kebutuhan nasional terkait dengan bahan maupun hasil produksi. 

Contohnya saja pembangunan pabrik Magnesium Gosari International (MGI) yang di targetkan total produksinya sebanyak 1 juta ton dan setelah itu dilanjutkan dengan pembangunan pabrik kiserit (Pupuk kiserit digunakan untuk tanaman kelapa sawit, kakao, kopi, karet, dan tebu.

Juga untuk berbagai industri), pastinya akan menyerap tenaga kerja yang banyak bagi masyarakat Desa Sekapuk dan sekitarnya. Tidak hanya itu, setelah pemenuhan kebutuhan dalam negeri telah terpenuhi kiserit juga akan di ekspor ke Malaysia, Thailand, Vietnam dan Papua Nugini. Ekspor yang dilakukan akan menambah devisa negara.

Gresik juga dilalui jalan nasional, Jalan Raya Deandles namanya, jalan ini sendiri sudah ada sejak jaman penjajah dan sekarang jalan ini menjadi jalan utama yang dilewati oleh banyak sekali kendaraan dan atau akan menuju Jawa Tengah.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa Gresik merupakan kota industri, proses pengangkutan masuk keluarnya barang dengan tonase yang besar yang melalui jalan ini sudah menjadi pemandangan sehari-hari.

Sebagai jalan utama yang dilewati oleh banyak kendaraan dengan tonase yang besar, perawatan jalan juga harus diperhatikan oleh pemerintah. Jalan bergelombang dan berlubang terjadi setiap tahun. Jalan yang sudah diperbaiki dengan cepat akan kembali rusak karena mobilitas kendaraan yang sangat banyak.

Untuk menunjang optimalnya pengiriman dan masuknya barang, pastinya membutuhkan akses jalan yang baik. Ketika jalan rusak, keterlambatan pengiriman dan masuknya bahan produksi akan menyebabkan kerugian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN