Mohon tunggu...
Muhammad Syarif
Muhammad Syarif Mohon Tunggu... Mahasiswa - upn veteran jawa timur

Mahasiswa Semester 7

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

6 Manfaat Digital Marketing Yang Perlu Kamu Ketahui Pada Tahun 2022

14 September 2022   23:08 Diperbarui: 14 September 2022   23:22 157 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Digital Marketing - Saatnya berpindah dari pemasaran tradisional ke digital. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat berkembang pesat berpengaruh kepada berbagai bisnis mulai dari volume kecil hingga besar. Sejak merambahnya wabah COVID-19, mengubah pola belanja offline menjadi serba digital, oleh karena itu banyak pelaku bisnis yang mulai beralih meninggalkan model pemasaran tradisional dengan memanfaatkan internet untuk menggunakan strategi pemasaran digital. Bukti nyata berhasilnya strategi digital marketing adalah meningkatnya volume penjualan dan profit dalam kurun waktu yang singkat.

Digital marketing merupakan sistem pemasaran produk berbasis online. Jika kamu termasuk pelaku bisnis, pasti tidak asing lagi dengan digital marketing yang akhir - akhir ini banyak digunakan. Namun saat ini pembisnis masih awam dengan manfaat digital marketing, sedangkan untuk dapat mengembangkan bisnis, kamu memerlukan bantuan pemasaran berbasis digital. Oleh karena itu di artikel ini kami akan mengulas mengenai 6 Manfaat digital marketing yang perlu kamu ketahui pada tahun 2022.

  • Meningkatkan Engagement Antara Kamu Dengan Konsumen

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari model digital marketing merupakan komunikasi dua arah antara kamu selaku pelaku bisnis dan konsumen. Langkah ini berguna untuk mendapatkan respon secara cepat dan langsung, karena saat ini 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk atau jasa. Sehingga hal tersebut dapat kamu manfaatlan untuk mendapatkan informasi target pasar secara tepat sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan, selain itu hubungan yang tercipta akan menjadikan adanya ikatan emosional yang menguntungkan kamu ketika konsumen sedang memilih produk dan harga yang serupa dengan brandmu, mereka akan memilih produk kamu karena selama ini sudah menjalin hubungan yang baik.

bench-accounting-c3v88boorom-unsplash-6321fa4a8804130b8f10e582.jpg
bench-accounting-c3v88boorom-unsplash-6321fa4a8804130b8f10e582.jpg
  • Efisiensi Biaya

Digital marketing meskipun menggunakan sistem digital, namun menghemat pengeluaran bisnis kamu. Hal tersebut terlaksana karena banyaknya platform yang dapat kamu gunakan untuk kegiatan pemasaran digital secara gratis, salah satunya media sosial dan landing page yang dapat kamu gunakan sebagai media pemasaran dengan memanfaatkan search engine optimization untuk optimasi websitemu secara gratis. Pada akhirnya jika biaya pemasaran rendah, tentu tingkat pengembalian investasi akan tinggi. Contoh dari garnet, bahwa 40% pembisnis start up melaporkan adanya efesiensi biaya pada bisnis mereka.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan Real-Time

Melakukan pemasaran dengan media digital dapat membantu bisnis untuk dapat bertemu dan merespon konsumen secara real time. Hal tersebut dapat dilakukan dengan adanya fitur feedback, kolom komentar, private chat yang disediakan oleh platform digital, sehingga dapat memberi keuntungan yang besar berupa kelancaran bisnis seperti pasar yang luas, mempertahankan konsumen karena respon cepat yang kamu lakukan, selain itu juga dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

  • Menaikkan ROI 

Hasil survey yang dilakukan oleh hubspot menunjukkan bahwa digital marketing mampu membantu bisnis kamu untuk dapat menghasilkan cost per lead atau biaya iklan online. Selain itu biaya pemasaran yang rendah, maka akan meningkatkan pengembalian biaya investasi tinggi di banding dengan pemasaran tradisional.

  • Menjangkau Target Pasar Tepat Sasaran

Dalam dunia digital marketing target pasar merupakan tahap awal perlu di riset dalam strategi digital marketing. Pada pemasaran tradisional target pasar tidak dapat dikelompokkan secara spesifik, namun pada digital marketing kamu dapat tepat sasaran menentukan target marketmu dengan melakukan riset geografis, demografis meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan, status pekerjaan, selain itu segmentasi behavior. Maka dengan platform digital marketing dapat mengelompokkan target konsumen sesuai dengan kebutuhan kamu selaku pelaku bisnis dan kebutuhan konsumen.

  • Mendukung Persaingan Dengan Brand Lain dan Evaluasi Yang Efisien

Manfaat lain digital marketing adalah digital marketing mampu mendukung brand kamu untuk dapat memenangkan persaingan dengan brand lain yang serupa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan optimasi campaign digital marketing, selain itu kamu juga dapat menggunakan berbagai tools digitial marketing untuk optimasi marketing kamu seperti PPC, search engine optimization, search engine mareting, dan affiliate marketing atau penggunaan pihak ketiga.

Penerapan digital marketing merupakan salah satu persiapan dalam menghadapi era internet of things. Penggunaan digital marketing dalam bisnis sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pemasaran pada bisnis kamu sehingga menjadi salah satu kunci kesuksesan. Dengan banyaknya pelaku bisnis yang mulai beralih dari model pemasaran tradisional ke digital marketing menyebabkan persaingan antar dunia bisnis semakin ketat, oleh karena itu setelah mengetahui manfaat digital marketing. Bagaimana cara mengimplementasikan model pemasaran digital pada bisnis kamu?. Dapatkan informasi lebih lanjut menganai digital marketing bersama para pakar profesional di Arkatama. Informasi lebih detail temukan pada instagram @arkatamamulti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan