Muhammad GilangSetiawan

Liburan Penuh dengan Pengalaman

2 Desember 2021   02:35 Diperbarui: 2 Desember 2021   02:39 108
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Liburan adalah suatu kegiatan yang sangat disukai oleh kebanyakan orang pada umumnya, disamping untuk bersenang-senang juga untuk menyatukan kita pada kebahagiaan apalagi dengan teman atau saudara. Liburan setelah ujian nasional kelas 9 SMPN 1 Taman Sidoarjo yaitu di Bali, dengan tujuan pantai serta destinasi wisata maupun oleh-oleh. Berangkat dengan total 9 bus travel, saat itu aku duduk di bus 2 bersama teman sekelas.

Perjalanan dimulai pagi tepat pukul 7.00 WIB dari Sidoarjo, kami dikawal oleh polisi agar terhindar kemacetan. Akhirnya sampai di kota Pasuruan kemudian Probolinggo, Situbondo ,Bondowoso dan terakhir sampai di banyuwangi tepatnya di pelabuhan Ketapang. Selesai sudah kawalan dari polisi ketika sampai di pelabuhan, saat itu kami tiba sore hari sekitar jam 16.00. Bus kami masuk kapal dan menyeberang untuk ke pulau Bali.

Disaat penyeberangan tepat di tengah kita disajikan dengan pemandangan sunset di tengah laut dimana matahari terlihat jelas terbenam di laut. Dan itu merupakan keindahan alam yang sangat bagus sekali, semua siswa menikmati dan berfoto untuk mengabadikan pemandangan.

Tak lama kemudian matahari terbenam dan malam pun tiba, sampailah di pelabuhan Gilimanuk Bali. Kemudian kami melanjutkan perjalanan setelah tiba di pelabuhan Gilimanuk, dengan melewati tol diatas laut.

Selama selang 4 jam perjalanan ke hotel tempat kami menginap, kami sampai di hotel sekitar jam 23.00. Dan sampailah di hotel, semua siswa serta guru beristirahat sesuai dengan kamar hotel masing-masing, perjalanan wisata dimulai esok hari.

Pagi hari telah tiba tepat pukul 7 semua bergegas untuk berangkat ke destinasi wisata pertama yaitu Tanah Lot. Disana semua siswa dan guru menikmati keindahan alam, pantai dan juga pertunjukan ritual dari orang bali. 3 jam kami menghabiskan waktu dan melanjutkan lagi ke destinasi wisata kedua.

Tibalah di Pantai Pandawa, dengan pemandangan pantai yang luar biasa indahnya. Semua siswa dan guru pun terkagum pada pemandangan pantai pandawa. Kami pun bergegas turun dari bis dan bermain di pantai, saat itu aku dan 4 temanku bertemu dengan orang asing atau biasa disebut bule. Kami berbincang menggunakan bahasa inggris dan menanyakan beberapa hal yaitu nama, negara asal, umur, tujuan ke bali, kesan tiba di bali dan masih banyak hal yang kita dapat dari pernyataan bule tersebut.Dan kami pun mengabadikan moment tersebut dengan foto bersama.

Kami pun tidak hanya mengobrol dengan bule 1 saja tetapi banyak bule yang kami jumpai dan berbincang dan berfoto dengannya. Lega sudah kami disajikan dengan keindahan pantai, kami kemudian berangkat ke destinasi wisata ketiga yaitu Sanggar Budaya Bali.

Disana kami disajikan dengan pertunjukan adat Bali yang menceritakan tentang perjalanan kisah cinta krisna dan rada. Kami menghayati cerita tersebut karena aktor sangat mendalami perannya dan merasuk di hati penonton sehingga ada beberapa yang menangis terharu dengan aksi yang dipertontonkan.

Tak hanya itu juga, kami pun juga ditunjukkan aksi dari barongsai serta permainan api, disitu semua penonton senang, terkejut dengan aksi memukau yang dilakukan sangat lincah dan penuh semangat serta keberanian. Selesai sudah kami tertawa dan terharu, destinasi selanjutnya adalah Bedugul.

Bedugul sendiri adalah wisata yang digemari oleh pengunjung travel, wisata ini terdapat di uang kertas lima puluh ribu. Tempat bangunan yang indah di sebelah danau, siswa dan guru pun berfoto untuk mengabadikan moment di bedugul, kami juga disajikan dengan sunset yang indah di danau bedugul.