Mohon tunggu...
Muhammad Hainur Rofiqi
Muhammad Hainur Rofiqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Program Studi Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro Reportase Lengkap @kkn_hainurrofiqi, yaa!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tim II 2021/2022 UNDIP Gelorakan Semangat dalam Melaksanakan Program "Emosi" Pasca Covid-19

9 Agustus 2022   14:40 Diperbarui: 9 Agustus 2022   14:49 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (31/07). Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022 telah dilaksanakan pada awal bulan Juli dan tersebar di berbagai wilayah di Jawa Tengah salah satunya di Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Kelurahan Gondoriyo khususnya RW 6 didominasi oleh warga yang memiliki kegiatan atau pekerjaan dengan mobilitas tinggi, sehingga sangat penting bagi warga untuk mengetahui terkait perbedaan antara Vaksinasi Ketiga dan Booster sebagai langkah awal untuk kegiatan vaksinasi nantinya dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya vaksinasi demi kesehatan dan kenyamanan dalam beraktivitas nantinya. Program kerja ini disesuai dengan salah satu tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro yaitu membuat program yang berhubungan atau berkaitan Pasca Covid-19.

Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan di atas, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Muhammad Hainur Rofiqi (21) yang berasal dari program studi Informasi dan Hubungan Masyarakat menginisiasi untuk membuat program kerja yang bertujuan memberikan edukasi dan promotif terkait vaksinasi bagi warga RT 5 RW 6 Kelurahan Gondoriyo dengan tajuk "Emosi: Edukasi dan Promotif Vaksinasi Pasca Covid 19"

Dalam program ini terdapat dua kegiatan, yaitu edukasi dan promotif. Kegiatan edukasi dalam program ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat bahwasannya antara Vaksin Kedua dengan Vaksin Booster adalah hal yang berbeda. Perlu diketahui hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengetahui bahwa kedua vaksin tersebut adalah vaksin yang sama. Untuk itu Penulis memberikan edukasi terkait perbedaan kedua vaksin serta peruntukan atau sasarannya dari masing-masing vaksin tersebut. Sedangkan pada kegiatan promotif yaitu melalui program ini, Penulis mengajak masyarakat RW 6 Kelurahan Gondoriyo dalam upaya peningkatan kesehatan yang diawali dengan memberikan informasi atau edukasi terkait perbedaan dari kedua vaksin dan pentingnya vaksinasi, sehingga dengan hal tersebut masyarakat mempunyai kesadaran dan tergerak untuk segera melaksanakan dan atau melengkapi Vaksinasi yang belum tercapai.

Banyak masyarakat RW 6 yang belum mengetahui terkait informasi perbedaan antara Vaksin Ketiga dengan Vaksin Booster sehingga pada saat pelaksanaan progam ini masyarakat secara antusiasi berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini yang berbarengan dengan pelaksanaan kegiatan Cek Kesehatan di lingkungan RW 6 yang diadakan di pelataran Masjid Al Ijtihad dan juga dengan cara menyambangi rumah warga RT 5 RW 6 secara door-to door (d2d). Arinta, salah satu warga RW 6 mengatakan bahwa beliau tertarik dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Beliau senang mendapat pengetahuan baru terkait perbedaan antara vaksinasi ketiga dan booster yang selama ini masyarakat secara umum menganggap kedua hal tersebut adalah hal yang sama sehingga dengan insight tersebut beliau dapat menyebarluaskan informasi kepada keluarga dan kerabat beliau.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu implikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran untuk hidup bermasyarakat melalui kegiatan pengabdian secara langsung. Sedangkan pada masyarakat sasaran, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi, inovasi, dan pengetahuan baru yang belum didapati masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat yang berada di Kelurahan Gondoriyo segera melaksanakan kegiatan Vaksinasi tahap selanjutnya tanpa rasa ragu dan sesuai dengan dosis atau tahapan yang dibutuhkan. Besar harapan pula kegiatan ini dapat diteruskan oleh Karang Taruna dan Masyarakat RW 6 Kelurahan Gondoriyo sebagai program berkelanjutan yang mampu memberikan informasi dan pengetahuan baru untuk dibagikan kepada khalayak luas serta meningkatkan kesadaran untuk segera melaksanakan atau melengkapi Vaksinasi.

Penulis: Muhammad Hainur Rofiqi (S.Tr Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan