Mohon tunggu...
Yasinisme
Yasinisme Mohon Tunggu... Lelaki penikmat es kelapa muda

Lelaki yang senang diajak lontang-lantung, Anak terakhir lahir di Kota Bekasi, Kuli tinta, Pengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Kota Bekasi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Haruskan Cina....

5 September 2019   09:30 Diperbarui: 5 September 2019   09:46 43 0 0 Mohon Tunggu...

"Cina, isshh.... PKI itu. Cina bahaya tuh. pokoknya jangan Cina"

Mungkin begitu sebagia masyarakat Indonesia menanggapi keberadaan orang cina di indonesia. Jika ada permasalahan yang menyangkut warga negara tersebut, tak sedikit yang mengarahkan pada sisi negatif padahal belum tentu sepenuhnya benar. Sebenarnya jika dilihat dari historis negara Indonesia yang katanya negeri berfolower, Cina atau Tiongkok sudah menetap di Indonesia sebelum lahirnya negara Republik Indonesia, bahkan kompas.com menulis jika penduduk Tiongkok juga ikut terlibat dalam peperangan untuk kemerdekaan Indonesia. 

Saat agresi militer Belanda, para pejuang keturunan Tionghoa ikut terlibat dalam pertempuran.Tak heran jika banyak ditemui veteran-veteran berdarah Tionghoa di Indonesia.

"Lalu apa bedanya Tiongkok dengan Cina?"

Sebenarnya sama saja, Indonesia lewat Keputusan Presiden No. 12 tahun 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Keppres tersebut berisi tentang pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/Pred.Kab/6/1967 tanggal 28 Juni 1967, dalam surat edaran tersebut istilah resmi yang digunakan adalah "Tjina", bukan Tionghoa. Sedang nama Tiongkok digunakan oleh wakil kedutaan besar Cina lantaran nama Cina bermakna negatif, dipakai saat peperangan tempo doeloe.

Lalu adakah kebaikan dari rasa takut dan membenci Cina?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ijinkan saya memberitahukan informasi yang sekiranya penting untuk diketahui.

"Anda tau ponsel cerdas?"

Jika anda tahu tentu nama androit dengan jenis merek dagang serta IOS dengan merek Apple tidak asing lagi di telinga. Androit sebenarnya bentuk pengembangan sistem yang dilakukan oleh Pada Oktober 2003, Rubin dengan nama  perusahaan startup Android, Inc. di Palo Alto, California. Iya dan rekannya yang lain yaitu Rich Miner, Nick Sears, Chris White bermain di situ. Selanjutnya Agustus 2005 Perusahaan rintisan Android, Inc. yang didirikannya kemudian diakuisisi oleh Google. Rubin, Miner, dan White, diajak ke Google pasca diakuisisi. Jadi secara sederhana androit adalah anak dari google yang bermarkas di California, Amerika.

Sebenarnya Apple sudah terlebih dahulu lahir sebelum androit, dan markasnyapun di negara yang sama. Lantaran ada perselisihan di bidang teknologi antara Cina dan Amerika, alhasil Cina lewat raksasa perusahaan ponsel cerdas yakni Huawei perlahan mempersiapkan diri lewat Os Harmoni, lantaran khawatir si robot hijau pada ponsel mereka tidak lagi bisa beroprasi.

Jadi sampai di sini diketahui bahwa kedua negara tersebut sedang dalam ketidakharmonisan.


"Apa ini penting?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN