Mohon tunggu...
Admin
Admin Mohon Tunggu... Read To Write

Menulislah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Capai Indonesia Emas 2045 dengan Perkuat Karakter Bangsa di Era Disrupsi

17 Agustus 2020   13:41 Diperbarui: 17 Agustus 2020   14:12 20 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam upaya menumbuhkan kecintaan dan kontribusi nyata untuk turut andil menyongsong Indonesia emas 2045, maka jargon seperti "Bangga Buatan Indonesia" merupakan sebuah refleksi bagi masyarakat untuk lebih peduli salah satunya terhadap kondisi masa depan bangsa dalam menghadapi tantangan dan peluang di era disrupsi. Lalu, apakah sejauh ini kita sudah bangga atas pencapaian pembangunan sumber daya manusia yang kita miliki saat ini?

Tentunya, dengan semangat kebhinnekaan tersebut telah membentuk cara pandang yang sangat beragam tadi menjadi satu kesatuan dalam balutan etos kerja yang disebut gotong royong. Prinsip gotong royong sebenarnya telah menjadi sebuah nilai luhur yang sudah mendarah daging masyarakat kita menjadi watak dan karakter sebagai masyarakat Pancasila bahkan sejak sebelum masa kemerdekaan harus tetap dirawat dengan kematangan kepribadian yang berkebudayaan bagi para generasinya.

Pancasila juga telah diyakini oleh para pendiri bangsa kita sebagai pandangan hidup (way of life) dan menjadi dasar terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia sepatutnya telah menjadi karakteristik untuk mewujudkan Indonesia modern yang adil dan makmur namun dengan prioritas utama adalah meningkatkan kesejahteraan umum.

Atas dasar persamaan kehendak dalam mendirikan sebuah Negara kesatuan yang merdeka, bersatu dan berdaulat, maka Pancasila mampu menjadi simbol persatuan nasional yang tidak lagi memandang latar belakang kelompok masyarakat di masa pra kemerdekaan. Dengan demikian, dalam situasi adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini maka diperlukan kesadaran kolektif untuk menjunjung tinggi semangat persatuan dan toleransi. Semangat inilah yang harus terus dilakukan oleh setiap generasi bangsa agar esensi dari kemerdekaan bangsa Indonesia terwujud.

Oleh; Muhamad Tonis Dzikrullah

VIDEO PILIHAN