Mohon tunggu...
Muhamad Nur Ramadhan
Muhamad Nur Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang

senang mencari hal baru dan melakukannya sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Muhammadiyah sebagai Peran Penting di Masyarakat Indonesia

21 November 2022   21:31 Diperbarui: 21 November 2022   21:32 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan 

Muktamar (dalam Bramasta, 2022) adalah musyawarah tertinggi di Muhammadiyah. Selain momen regenerasi, kongres ini disebut-sebut sebagai momen silaturahmi dan kerjasama anggota asosiasi di seluruh Indonesia bahkan dunia. Muktamar Muhammadiyah diikuti oleh ribuan perwakilan daerah dan daerah Muhammadiyah, serta dimeriahkan pula oleh warga Muhammadiyah se-Indonesia. Muktamar merupakan forum musyawarah tertinggi organisasi Muhammadiyah yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Sejak Muhammadiyah berdiri pada tahun 1912 hingga sekarang, telah diadakan 47 muktamar.

Muktamar juga menjadi bukti bahwa praktik demokrasi telah berlangsung di Muhammadiyah sejak awal berdirinya organisasi ini. Pasalnya, dalam kongres tersebut, pemilihan pengurus di tingkat pusat menjadi agenda utama selain menyusun program kerja lima tahunan. Periode tertinggi musyawarah tertinggi Muhammadiyah terjadi pada tahun 1912 hingga 1941. Pada masa ini, musyawarah dilakukan setahun sekali. Awalnya, pada pertengahan tahun 1912-1925 forum tinggi selalu diadakan di Yogyakarta. Namun setelah beberapa tahun, forum tinggi mulai diadakan di luar Yogyakarta secara bergilir. Hal ini dilakukan untuk memudahkan jangkauan para peserta, forum tinggi Muhammadiyah selalu diadakan di perkotaan.

Adapun (MKCH) Matan Keyakinan dan Cita cita Muhammadiyah yaitu Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah yang lebih dikenal dengan MKCH ini memuat pandangan-pandangan pokok Muhammadiyah yang bersifat ideologis, paham keagamaan dan bagaimana fungsi dan misi Muhammadiyah diwujudkan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Indonesia.  Dari adanya matan keyakinan dan cita cita muhammadiyah membuat muhamadiyah akan berperan dimasyarat untuk sumbangsi di dalam masyarakat.

sesungguhnya kelahiran Muhammadiyah tak lain adalah inspirasi, motivasi, dan didorong oleh ajaran Al-Qur'an sehingga semua gerakan tidak ada motif lain kecuali semata-mata untuk mewujudkan prinsip-prinsip ajaran Islam. Segala sesuatu yang dilakukan Muhammadiyah, baik dalam bidang pendidikan maupun pengajaran, masyarakat, rumah tangga, ekonomi, dan sebagainya tidak ada dapat dipisahkan dari upaya mewujudkan dan melaksanakan ajaran Islam. Tegasnya gerakan Muhammadiyah ingin mencoba menghadirkan wajah Islam dalam wujud nyata, konkrit, dan nyata, yang dapat dihayati, dirasakan, dan dinikmati oleh umat sebagai rahmatan lil'alamin.

Gerakan Muhammadiyah berkiprah di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia dengan membangun berbagai macam usaha yang tepat guna dapat menyentuh kebutuhan banyak orang seperti berbagai macam lembaga pendidikan sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, membangun rumah sakit, panti asuhan dan sebagainya. Semua amal Muhammadiyah seperti itu tidak lain adalah manifestasi dakwah Islam. Semua amal bisnis diadakan dengan maksud dan tujuan semata, yaitu untuk digunakan sebagai sarana dan wahana dakwah Islam.

Peran Muhammadiyah di masyarakat 

Banyak sumbangsi dari muhamadi kemasyarakat contohnya saja di bidang pendidikan.muhammadiyah sendiri atau  Gerakan pendidikan yang tertanam dalam Muhammadiyah tidak lepas dari kepribadian KH. Ahmad Dahlan sebagai pendiri. KH. Ahmad Dahlan lahir pada tahun 1868 di Kauman, Yogyakarta dengan nama Muhammad Darwis. Ia lahir dari Kyai Haji Abu Bakar, seorang khatib Masjid Agung Kauman Siti Aminah binti Kyai Haji Ibrahim, pangeran besar Yogyakarta. Sejak kecil, kecintaan dan kehausannya akan ilmu telah menyatu dengan kepribadiannya. dia tumbuh dan berkembang di kalangan ilmiah di tengah terjajah, tertindas dan diselimuti keterbelakangan. Sejak kecil, Muhammad Darwis dibesarkan dan dididik sebagai seperti anak seorang Kyai (Priyono, 2022).

Dari dasar itulah bisa menjadi muhammadiyah menjadi sumbangsi pendidikan dimasyarakat inidonesia dan kini muhamadiyah memiliki pendidikan yang berorientasi pada dua hal, yaitu perpaduan antara sistem sekolah umum dan madrasah/pesantren. Untuk mewujudkan usaha pendidikan tersebut, Muhammadiyah mendirikan usaha amal berupa: Sekolah umum modern yang melarang agama, Mendirikan madrasah/pesantren yang melarang ilmu pengetahuan umum/modern dan Mendirikan perguruan tinggi. K.H. Ahmad Dahlan mempelopori upaya pengembangan sistem pendidikan Islam modern yang kemudian menjadi pemikiran umat Islam di masa mendatang, karena melihat dualisme pendidikan yang diterapkan di Indonesia pada masa penjajahan.

Sebagai anggota dari muhammadiyah harus bangga terhadap apa yang telah dilakukan muhammadiyah tidak hanya itu bidang sosial juga menjadi peran muhammadiyah dalam membantu dan memberikan amal amal keislaman sebagai pedoman kemuhammadiyah.  sumbangsi di sisoal tidak luput dalam kemuhamadiyahan banyak yang telah muhammadiyah berikan kepada masyarakat untuk membantu kemasyarakatan di bidang sosial contohnya seperti Muhammadiyah didirikan bantuan umum (PKU) untuk meringankan beban korban bencana alam akibat erupsi Gunung Kelud. PKU sebagai organisasi independen terus berupaya untuk membantu fakir miskin dan yatim piatu di Yogyakarta hingga ia menjadi bagian dari Muhammadiyah pada tahun 1921. PKU memberikan bantuan korban kebakaran di Yogyakarta. Pada tahun 1922 sebuah panti asuhan didirikan yatim piatu pertama dan kini masih banyak lagi sumbangsi muhamadiyah di bisang sosial.

Di bidang ekonomi muhammadiyah juga berperan penting dalam kegiatan ekonomi banyak bisnis bisnis yang sudah digeluti oleh organisasi muhammadiyah untuk membangun organisasi yang lebih baik dan juga membantu berperan di ekonomi masyarakat. bisnis yang dilakukan organisasi muhammadiyah seperti hotel, pom, sekolah , tempat wisata dan lain lainya di berbagai daerah hal ini membantu perekonomian masyarakat melalui sumbangsi keuangan dan juga lapangan pekerjaan di berbagai daerah seluruh indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun