Mohon tunggu...
Muhamad Iqbal Al Hilal
Muhamad Iqbal Al Hilal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Writer dan Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Bandung

Penulis merupakan seorang mahasiswa di Prodi Sejarah dan Peradaban Islam, yang berkonsentrasi menulis pada isu sejarah, politik, sosial ,ekonomi, hiburan dan lain sebagainya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengikuti Kuliah Luring

5 September 2022   14:20 Diperbarui: 9 September 2022   17:43 174 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kuliah offline/Foto: Trisakti Management School 

(05/09/2022)- Perkuliahan secara tatap muka mulai kembali dilakukan selepas dua tahun masa pandemi yang mendera dunia. Tentunya segala cara perkuliahan yang sebelumnya berlangsung secara daring kembali digelar secara langsung atau luring.

Bukan hanya dirasakan oleh para mahasiswa angkatan 2022 hal ini juga dirasakan oleh para mahasiswa lama angkatan 2021,2020 serta angkatan mahasiswa yang baru merasakan bangku kuliah selama satu semester yakni angkatan 2019.

Jika biasanya pelaksanaan kegiatan perkuliahan cenderung fleksibel, efisien dan lebih nyaman hal tersebut, sudah tidak bisa kita rasakan kembali kecuali bagian sebagian kampus atau fakultas yang menerapkan perkuliahan secara hybrid.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan ketika menghadapi perkuliahan tatap muka?

1. Mengetahui informasi perkuliahan

Informasi perkuliahan yang didapatkan semasa kuliah daring tentunya berbeda dengan kuliah secara luring. Hal ini diakibatkan adanya perubahan dari mahasiswa yang sudah terbiasa cepat dan tepat semasa pandemi harus kembali beradaptasi dengan informasi perkuliahan yang bersifat dinamis dan kondisional.

2. Akrab dengan teman kelas

Jika sudah mengetahui informasi perkuliahan tentunya kita juga harus mengetahui dan mengenal teman sekelas agar memudahkan perkuliahan karena bukan tidak mungkin suatu waktu kita memerlukan bantuannya terutama jika berkaitan dengan tugas kelompok yang diberikan oleh dosen mata kuliah.

Selain itu,hal ini dilakukan guna menjalin lebih banyak relasi dan silaturahmi dengan lingkungan Barus sekaligus mengenal lebih dekat para teman kelas yang selama empat tahun ke depan akan bersama di dalam satu lingkup kelas.

3. Mengetahui gedung atau ruang perkuliahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan