Mohon tunggu...
Muhamad Iqbal Al Hilal
Muhamad Iqbal Al Hilal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Bandung

menulis adalah hobi si penulis ini dari mulai politik, sastra dan sejarah adalah hobinya yang ia tuangkan dalam tulisan- tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pentingnya: Merawat Silaturahmi dengan Relasi Lama

12 Oktober 2021   11:37 Diperbarui: 12 Oktober 2021   11:43 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pertemanan,Foto: Republika

(12/10/2021)- Pertemanan atau persahabatan merupakan sebuah interaksi sosial yang erat kaitannya dengan umat manusia. Pertemanan dan atau persahabatan biasanya bermula dari suatu kedekatan emosional di antara sesama manusia.

Pertemanan seseorang ada yang dimulai sejak kecil, remaja, masa pendidikan bahkan saat sudah dewasa terkadang kedekatan ini biasanya akan memudar seiring dengan berjalannya waktu, begitu menurut pendapat sebagian orang. Berbagai alasan untuk meninggalkan relasi lama seorang menjadi hal lumrah bagi sebagian orang.

Ilustrasi pertemanan, Pria dan wanita, : Foto: Visualphoto.com/ Via Republika
Ilustrasi pertemanan, Pria dan wanita, : Foto: Visualphoto.com/ Via Republika

Pertemanan memudar atau tidak merupakan hal yang biasa dan biasanya hal ini diakibatkan adanya berbagai faktor pemicu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak satu pemikiran

Pemikiran terhadap segala sesuatu juga bisa mempengaruhi hubungan pertemanan atau persahabatan seseorang sebab biasanya, hal ini akan dianggap sebagai salah satu cara mengakhiri pertemanan. Sebagai contohnya hubungan pertemanan menjadi renggang bahkan terputus akibat adanya perbedaan pilihan dalam pilpres 2019.

2.Tidak Ada Timbal Balik

Timbal balik atau simbiosis mutualisme pada hubungan pertemanan terkadang diperlukan entah itu, kecil atau besar rasanya timbal balik ini tergantung kepada masing-masing individu ada yang memerlukan timbal balik adapun yang tidak.  Sebagai contohnya adalah teman A datang saat diperlukan oleh teman B sementara teman b menghilang saat teman A membutuhkan bantuan teman B.

3. Hutang

Persoalan hutang merupakan permasalahan yang sangat sensitif bagi semua orang terlepas dari Seberapa besar nominalnya, alangkah baiknya permasalahan ini diselesaikan secara baik-baik di antara kedua belah pihak. Seringkali ditemukan kasus dalam pertemanan contohnya, seorang teman yang tega membunuh atau menyiksa temannya akibat persoalan hutang piutang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan