Mohon tunggu...
Muhamad Iqbal Al Hilal
Muhamad Iqbal Al Hilal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Bandung

menulis adalah hobi si penulis ini dari mulai politik, sastra dan sejarah adalah hobinya yang ia tuangkan dalam tulisan- tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pentingnya Belajar di Museum bagi Generasi Muda

9 Oktober 2021   21:58 Diperbarui: 9 Oktober 2021   22:09 118 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Museum Nasional, Foto: Tribunnews.com

(09/10/2021) - Museum selama ini dikenal oleh masyarakat baik tua atau muda sebagai tempat yang membosankan dan justru terkadang dianggap sebagai tempat angker.

Potret seperti ini pada zaman sekarang masih ditemui pada sejumlah museum, meskipun demikian, upaya menarik atau menjaring agar generasi muda khususnya mau berkunjung ke museum pun dibuat oleh pengelola museum.

Berbagai sarana dan tampilan modern untuk menghilangkan kesan membosankan, angker dan lain sebagainya coba dihilangkan oleh pengelola museum beserta pihak terkait.

Berbagai museum pun kini sudah dilengkapi teknologi maju sebut saja diantaranya Museum Nasional, Museum Konperensi Asia-Afrika, Museum Sumpah Pemuda, Museum Gedung Sate, Museum Geologi, Museum Sri Baduga, Monumen Nasional, Galeri wayang dan lain- lain.

Museum Prasasti, Foto: Yayasan Mitra Museum Jakarta
Museum Prasasti, Foto: Yayasan Mitra Museum Jakarta

Teknologi touchscreen atau layar sentuh di berbagai sudut museum sudah disediakan untuk para pengunjung yang datang, agar pengunjung bisa mengetahui sejarah yang ada di dalam museum tanpa harus terus-menerus di dampingi Edukator atau Tour guide.

Ruang Utama Gedung Merdeka, Foto: Muhamad Iqbal Al Hilal
Ruang Utama Gedung Merdeka, Foto: Muhamad Iqbal Al Hilal

Virus covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia pada akhirnya membuat museum pun harus beradaptasi dengan keadaan yang tidak pasti ini. Berbagai museum akhirnya mengambil opsi virtual tour museum yang bisa dilakukan secara online dimanapun, dan kapan pun.

Museum pada hakikatnya merupakan tempat penyimpanan benda- benda dan dokumen penting sejarah bangsa.

 Sudah seharusnya sejumlah pihak pun turut serta mengubah citra negatif pada museum agar Semua museum senantiasa ramai dikunjungi untuk sarana edukasi bukan sebatas sebagai tempat yang instagramble semata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan