Mohon tunggu...
Muhamad Husni Tamami
Muhamad Husni Tamami Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Jurnalis, dan Entrepreneur

Menebar kebaikan dan kemanfaatan. Selengkapnya di www.muhamadhusnitamami.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Anak Jalanan yang Menginspirasi

12 Oktober 2020   22:27 Diperbarui: 12 Oktober 2020   22:44 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
muhamadhusnitamami.com

Ada yang berkesan di penghujung Seminar Nasional HAM yang digelar di Bandung oleh Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Barat pada Sabtu (7/12/2019) lalu. Pasalnya, sosok Andika Dama Prasetya yang bercerita perjalanan hidupnya membuat peserta seminar mengucurkan air mata.

Lelaki yang kelahiran di Bandung, 28 Juni 2001 ini sebelumnya adalah anak jalanan. Ia pernah menjadi pedagang cilok untuk menunjang perekonomiannya.

"Dulu, saya naik motor pun ga boleh. Alasannya karena saya miskin. Dari sini saya memiliki impian untuk membeli motor. Impian itu ditempel di tembok. Alhamdulillah sekarang saya sudah memiliki motor. Itu hasil saya, bukan hasil dari orang tua," terang Andika seraya menahan air matanya.

Namun, ia tak bisa menahan lama air mata itu. Sosok yang kini menjadi mahasiswa di International Woman University pun akhirnya mengeluarkan tangisan yang ditahannya.

"Saya kuliah bukan untuk mencari gengsi, tetapi saya kuliah untuk mencari wawasan," tegasnya hingga terlihat tetesan air matanya tak bisa dibendung lagi.

Dulu, lanjutnya, ia pernah dipukul, bahkan dibuli, tetapi tetap kuat.

"Ibu saya tanya, kenapa kamu? Saya jawab, jatuh bu. Padahal saya dibuli," lanjut Andika.

Andika pernah meminta alat-alat mengaji kepada pemerintah, tetapi sampai sekarang belum didengar.

"Saya anak jalanan, tetapi saya anak jalanan yang bersikeras," lanjutnya.

Andika tak mampu lagi membendung air matanya. Panitia pun memberikan tisu dan memeluk erat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun