Mohon tunggu...
muhamad fitrah
muhamad fitrah Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Muhamad Fitrah B, Dari NTT Flores Timur, Mahasiswa universitas Muhammadiyah Malang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM Kelompok 25 Universitas Muhammadiyah Malang Mendorong Peningkatan Penjualan UMKM di Desa Kejagan Melalui Digital Marketing

1 Oktober 2022   15:21 Diperbarui: 1 Oktober 2022   15:25 113 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Muhammadiyah Malang, dengan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilaksanakan oleh kelompok 25 gelombang 07 beranggotakan Muhamad Fitrah Bunga, Warda Silvia Dewi, Muhammad Zacky Dwi Rifqy, dan Amirul Fani, dengan tema " Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Pemasaran di Bidang Iptek dan Pengelolaan Limbah dalam Akuntansi Lingkungan" pada kegiatan ini memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang bagaimana produk UMKM dapat dipasarkan melalui pemasaran digital. Kegiatan ini dibimbing secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Faris Rizal Andardi, ST., MT

Pembukaan program berlangsu ng dengan khidmat dan dihadiri oleh seluruh anggota kelompok 25 PMM UMM dengan perangkat Desa Kejagan. (26/08/22) Pelaksanaan program kerja PMM di Desa Kejagan tersebut selaras dengan kebutuhan warga sekitar terutama para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menenegah) yang memiliki keterbatasan dalam penggunaan peran internet dalam melakukan penjualan produk.

Menanggapi permasalahan tersebut kami selaku pelaku kegiatan PMM oleh UMM kelompok 25 gelombang 07 memberikan sosialisasi dan arahan serta kegiatan kepada warga sekitar terkhususnya pelaku UMKM secara kunjungan ke beberapa UMKM terpilih. UMKM terpilih diantaranya adalah UMKM Pahat Patung, UMKM Telur, dan UMKM tokoh Nizal.

Disini kami evaluasi kegiatan PMM dari kegiatan sebelumnya dimana mereka hanya sosialisasi Digital Marketing dan tata cara pembuatan akun  penjualan online. Dan pada kegiatan ini kami juga membantu para UMKM dengan cara sosialisasi tentang Digital Marketing dan tata cara pendaftaran di akun penjualan online, Perbedaan dari kelompok kami. kami juga melakukan desain Banner dan Katalog yang akan diberikan kepada para pelaku UMKM. Dimana pemebrian Banner dan Katalog ini untuk membantu pemasaran para pelaku UMKM  Desa Kejagan.

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai evaluasi kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Tata cara pembuatan akun  Penjual online, Kami mendapatkan dorongan dan dukungan penuh dari Masyarakat di Desa Kejagan Kabupaten Mojokerto. Dimana masyarakat mendengarkan dan memahami cara Pembuatan akun Penjualan Online dengan baik.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 bulan lamanya dengan beberapa kegiatan tambahan yang juga dilakukan di Desa Kejagan. Dengan demikian kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diharapkan dengan diterapkannnya kegiatan ini mampu memberikan efek yang positif untuk masyarakat secara umum.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan