Mohon tunggu...
Muhamad Rifai
Muhamad Rifai Mohon Tunggu... Engineer, Penulis lepas, suka jalan - jalan

Lelaki Pejalan

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Lintas Generasi Saling jaga Silaturahmi Lewat Aplikasi

1 Mei 2020   21:55 Diperbarui: 1 Mei 2020   22:08 21 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lintas Generasi Saling jaga Silaturahmi Lewat Aplikasi
Dokumen Muhamad Rifai

Ditengah kondisi dengan segala ketidakpastian ini akibat merebaknya Covid19 yang melanda seluruh dunia, tidak bisa dihidari semua pengaruhnya termasuk dunia usaha yang  memiliki dampak sangat luar biasa, hampir semua perusahaan mulai menata dan menyiapkan seluruh infrastrukturnya untuk tetap bertahan menghadapi perubahan besar ini, ada sebagian perusahaan yang mau tidak mau harus menutup bisnisnya  atau menghentikan sementara usahanya. Mari kita doakan bersama semoga Covid19 bisa terangkat dari bumi ini.

Harus disadari bersama, bahwa dunia usaha harus tetap berjalan, salah satunya industri ketenagalistrikan yang harus terus melistriki Indonesia. Alhamdulillah proses bisnis masih terus berjalan dengan segala perubahan yang ada,  dan mengharuskan semua tenaga / steakholder harus siap menghadapi perubahan ini. Dari mulai staf sampai pejabat paling atas, masih berkoordinasi menggunakan aplikasi komunikasi seperti whatsapp, Zoom video call, dan beberapa aplikasi tambahan dari milik perusahaan, seperti absensi online ( real time lokasi dan waktu serta kondisi pegawai) yang harus ada approvel atasan sehingga ketika atasan melakukan approve, atasan  mengetahui posisi staf nya berdasarkan tagging lokasi absensi.

Komuikasi Group Whatsapp yang selalu menjadi sumber informasi / perintah dari atasan sampai bawahan, atau saling berbagi informasi terkait update kondisi kebijakan perusahaan, saya pikir dengan komunikasi tersebut kita masih saling menjaga silaturahmi sesama rekan kerja. Saling komunikasi dan saling menginformasikan kondisi kantor membuat ikatan antar pegawai tetap terjaga, demi melindungi antar sesama, kerja tetap dirumah.

Yang senior mau tidak mau harus instal aplikasi Zoom / video call, harus instal aplikasi absensi online, masuk web online meeting untuk absen meeting sebagai dasar kehadiran dan membaca arahan - arahan pimpinan lewat aplikasi meeting tersebut.  Bagi yang tidak hadir akan terlihat siapa yang tidak cek in dalam aplikasi tersebut. Saya pikir meski kita tak jumpa, silaturahmi akan tetap terjaga jika pimpinan perusahaan selalu memberikan informasi dan arahan serta dengan didukung aplikasi perusahaan yang memberikan update kondisi dan lokasi setiap pegawai.

Bagi kaum generasi milenial, perusahaan mulai menyusun event melalui aplikasi Youtube dan aplikasi Instagram, dengan harapan melalui kegiatan tersebut semoga frekuensi dan semangat kerja antar insan bisa tetap terjaga. Dan semoga dengan tidak mudik silaturahmi sesama keluarga besar tetap terjadi dengan saling menjaga komunikasi lewat aplikasi. 

Yuk, saling jaga silaturahmi untuk selalu berkomunikasi dengan respon balas yang cepat, ngak pake nunda - nuda baca pesan atau dengan setting tanda baca / belum baca. Saatnya menjaga silaturahmi sesama keluarga dan rekan kerja serta tetangga rumah agar hidup tetap berkah, rezeki berlimpah.

VIDEO PILIHAN