Mohon tunggu...
Muhamad Arifin
Muhamad Arifin Mohon Tunggu... Dosen - jika kamu bukan anak seorang Raja, bukan juga anak seorang ulama besar maka Menulislah

jika kamu bukan anak seorang Raja, bukan juga anak seorang ulama besar maka Menulislah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pesantren Ma'rifatul Falah Gelar TOT Motivasi Menghafal dan Tahsinul Qur'an

23 April 2022   00:13 Diperbarui: 23 April 2022   00:16 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
TOT Motivasi Menghafal dan Tahsinul Qur'an 

MA'RIFATUL FALAH NEWS.COM BANYUMULEK, LOMBOK, NTB.

Membaca adalah jendela dunia, dengan membaca maka manusia dapat mengetahui banyak hal yang tidak diketahuinya salah satunya adalah membaca Al-Qur'an. 

Dengan  memiliki kemampuan untuk membaca Al-Qur'an maka akan mempengaruhi pengetahuan dan keterampilannya. 

Dengan menjadikan membaca Al-Qur'an sebagai hobi, maka getaran ayat-ayat suci Al-Qur'an akan mengalir bersama darah disekujur tubuhnya. Kesenangan membaca Al-Qur'an akan menciptakan DNA yang positif. Karena sudah menjadi kesenangannya maka dengan mudah dapat mengingat atau menghafal. 

Sebagai seorang muslim pasti kita mengenal Al-Qur'an. Seperti yang kita ketahui Al-Qur'an adalah kalam Allah yang berupa mukjizat melalui malaikat Jibril yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan disampaikan  kepada umat manusia.

Di Era disrupsi saat ini, mayoritas anak-anak apalagi remaja lebih memilih menyaksikan kegiatan di televisi atau bermain dengan gadgetnya daripada membaca dan menghafal Al-Qur'an, dengan banyak faktor  yang mempengaruhi tersebut, timbul pertanyaan "bagaimana cara menumbuhkan minat membaca serta menghafal Al-Qur'an sedangakan anak-anak sekarang dihadapkan dengan teknologi yang menjurus kepada kelalaian?

Antusiasme Santri TPQ Ma'rifatul Falah mengikuti TOT Motivasi Menghafal dan Tahsinul Qur'an 
Antusiasme Santri TPQ Ma'rifatul Falah mengikuti TOT Motivasi Menghafal dan Tahsinul Qur'an 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya minat menghafal Al-Qur'an diantaranya, teknologi (gadget), tanpa disadari gadget banyak menyita waktu kita sehingga kita terhalang menghafal dan belajar al Qur'an. 

Faktor selanjutnya adalah kurangnya perhatian orang tua dalam mengarahkan anaknya untuk belajar. Serta kurangnya kesadaran dari diri sendiri. Kebanyakan anak-anak sekarang ini kurang menghiraukan akan pentingnya menghafal Al-Qur'an. 

Bahkan lingkungan sangat berpengaruh dalam penurunan minat menghafal Al-Qur'an. orang tua adalah faktor terpenting dalam mengarahkan anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun