Mohon tunggu...
Muhamad Aditya Firdaus
Muhamad Aditya Firdaus Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Senang berkendara jalan-jalan, introvert

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Ditemukan Senyawa dalam Obat Pasien Gagal Ginjal

19 Oktober 2022   18:19 Diperbarui: 19 Oktober 2022   18:24 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dalam sisa sampel obat yang dikonsumsi pasien telah ditemukan senyawa yang berpotensi menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut. Namun sampai sekarang hasil temuan tersebut masih belum bisa disimpulkan detailnya.

Mohammad Syahril, Juru Bicara Kemenkes, sampai saat ini masih melakukan penelitian terkait penyebab penyakit gagal ginjal akut yang sebagian besarnya diidap oleh usia anak-anak.

Dilihat dari data 18 Oktober 2022, yang menderita penyakit ini dilaporkan kurang lebih 200 orang dan 99 diantaranya meninggal dunia. Sehingga tingkat kematian kasus penyakit gagal ginjal akut di Indonesia mencapai 48%.

Mohammad Syahril memastikan bahwa penyakit gagal ginjal akut ini tidak ada kaitannya dengan vaksin virus corona.

Oleh karena itu, apotek-apotek di Indonesia untuk sementara ini dilarang menjual dan meresepkan obat dalam bentuk sirup ataupun cair kepada masyarakat sampai hasil penelitian yang dilakukan Kemenkes dan BPOM tuntas. Hal ini dilakukan sebagai langkah kewaspadaan seperti yang telah diinstruksikan Kemenkes.

Sampai saat ini masih belum ada kepastian mengenai apa penyebab dari penyakit gagal ginjal akut tersebut. Sebagai tindakan kewaspadaan, Kemenkes menginstruksikan agar seluruh apotek di Indonesia tidak menjual dan meresepkan obat bebas kepada masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun