Mohon tunggu...
Muhamad Aditya Firdaus
Muhamad Aditya Firdaus Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Senang berkendara jalan-jalan, introvert

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Bersama Keluarga

1 Oktober 2022   15:11 Diperbarui: 1 Oktober 2022   15:15 89 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pada suatu hari tepatnya pada tanggal 27 Desember 2019, di sebuah rumah berlantai 2, berwarna hijau toska, berkumpulnya keluarga yang harmonis terdiri dari ayah, ibu, dan 4 bersaudara yang sedang membicarakan rencananya untuk pergi liburan akhir tahun. Liburan akhir tahun ini memang sudah rutin kita lakukan tiap akhir tahunnya, yang kebetulan juga pada 2 hari sebelum tahun baru yaitu pada tanggal 30 adalah tanggal ulang tahunku, itu yang membuat kenapa aku dan keluargaku selalu rutin pergi liburan akhir tahun. 

Setiap liburan akhir tahunnya itu kita selalu pergi liburan ke pangandaran, karena aku dan keluargaku senang sekali main ke pantai. Besoknya kita mulai mengemas barang-barang bawaan untuk liburan akhir tahun, dimulai dari nyiapin baju ganti buat 4 hari, lalu nyiapin bekal makanan untuk di perjalanan nanti, karena kita sekeluarga kalo lapar di perjalanan jarang makan di restoran atau warteg gitu, kita biasanya bawa bekal makanan dari rumah, tempat makannya di rest area, ngampar karpet dekat mobil atau di teras masjid, nah kita makan bersama disitu.

Pada tanggal 29, aku dan keluarga mulai berangkat untuk pergi liburan akhir tahun. Kita berangkat sehabis sholat subuh tepatnya pada pukul 05.30 wib, kita memakai kendaraan mobil Daihatsu Terios berwarna putih. Setelah 2 jam perjalanan, aku dan keluarga istirahat dulu di sebuah masjid daerah pangalengan, disitu kita makan karena sejak berangkat tadi belum makan. 

Selesai makan kita lanjut perjalanan menuju pangandaran, jalur yang kita lewati yaitu jalur pantai selatan, sepanjang perjalanan menyusuri pantai-pantai sembari memandang ke arah laut yang indah pemandangannya. Pada saat pukul sudah menunjukkan waktu sholat dzuhur, kita kembali istirahat lagi untuk menunaikan sholat dzuhur. Setelah selesai sholat, kita lanjut perjalanan menuju pangandaran karena sebentar lagi sampai di pangandaran.

Setelah kurang lebih 8 jam di dalam perjalanan, akhirnya kita sampai di pangandaran, aku dan keluargaku langsung mencari tempat penginapan yang jaraknya dekat dengan pantai. Selama kita mencari tempat penginapan, di sepanjang jalannya di penuhi dengan ramainya orang-orang yang sedang liburan juga, terdapat banyak bule juga, "Wow rame banget!!", seruku. Jalanan macet di penuhi mobil, motor, dan orang-orang yang berjalan kaki, sampai-sampai kendaraan pun susah lewat karena saking macetnya.

Setelah lumayan lama mencari, akhirnya kita menemukan tempat penginapan yang cocok dan jaraknya pun tidak jauh dari pantai. Kita istirahat dan makan karena udah merasa lapar. Selesai makan, karena kedua adikku yang udah gak sabar pengen main ke pantai, bilang "ayah.. ibu.. ayo kita main ke pantai sekarang", seru kedua adikku. Yah mau gak mau akhirnya ayah, ibu, aku, dan kakakku pergi untuk menemani kedua adikku yang ingin main ke pantai. 

Sesampainya di pantai, keluargaku menikmati indahnya pantai dan air laut serta ombaknya. keluargaku terlihat sangat bahagia, terutama kedua adikku yang terlihat sangat gembira bermain air, aku pun segera memotret momen yang tak akan terlupakan ini memakai camera canon ios 1300d milikku, lalu aku melihat hasil fotonya, terlihat di raut wajah keluargaku yang sangat bahagia, aku pun yang melihatnya ikut merasakan bahagia. Kebahagiaan keluargaku, kebahagiaanku juga.

Keesokan harinya yaitu tanggal 30 Desember adalah hari ulang tahunku, aku yang masih tertidur dikejutkan dengan nyanyian happy birthday yang ternyata itu adalah kejutan dari keluargaku. Aku yang masih mengantuk dan belum sepenuhnya tersadar dari tidur, mengira ini hanyalah sebuah mimpi karena pada saat itu hari masih tengah malam. Ibuku yang memegang kue yang terdapat lilin juga di atas kue nya, menghampiriku dan mendekatkan kue ulang tahunnya kepadaku, dan aku pun berdo'a lalu meniup lilin kue ulang tahun tersebut, "Happy Birthday!!", seru keluargaku. 

Setelah itu, ibuku mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku, lalu memelukku dan mencium kedua pipiku, di lanjut dengan ayahku, kakakku, dan kedua adikku. Walaupun kejutan ini sangat sederhana tidak mewah dan meriah, namun momen ini sangat amat berharga bagiku, aku sangat bahagia.

Di hari ulang tahunku ini, aku dan keluargaku menghabiskan waktu bersama-sama, dengan bersenang-senang bermain di pantai, meminum air kelapa, foto bersama, dan di malam harinya kita makan ikan bersama, ikan yang cukup besar dan itu sangat enak, setelah itu kita mengelilingi tempat pangandaran ini dengan menaikki motor ATV, selama perjalanan kita sambil ngevlog juga, menikmati angin malam, berfoto-foto, sungguh hari yang sangat menyenangkan dan tidak akan pernah terlupakan.

Tibalah malam tahun baru, tahun ini di pangandaran ada acara pesta kembang api di malam tahun barunya untuk menyambut tahun baru. Lokasinya di atas Krisna Beach Hotel, hotel yang berdesain seperti kapal pesiar. Aku dan keluargaku berencana untuk melihat pesta kembang api tersebut, tetapi ibuku tidak ikut melihatnya karena harus menemani kedua adikku yang sudah tertidur pulas. Aku, ayahku, dan kakakku segera pergi ke lokasi dekat Krisna Beach Hotel untuk melihan pesta kembang apinya. Kita berjalan kaki karena jarak dari penginapan tidak terlalu jauh, di sepanjang jalan begitu ramai orang-orang yang ingin melihat pesta kembang api, jalanan pun macet di penuhi oleh kendaraan mobil dan motor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan