Mohon tunggu...
Muhamad AhsyanAnnuman
Muhamad AhsyanAnnuman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Halo semuanya, perkenalkan nama saya Muhamad Ahsyan Annu’man biasa dipanggil Nu’man. Saya tinggal di Kota Tangerang, dan saya dilahirkan pada tanggal 20 September 2004 dari keluarga yang sederhana. Saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Dari kecil kami dididik di lingkungan yang taat beragama, Sejak umur 11 tahun saya sudah dimasukkan ke dalam Pondok Pesantren, tepatnya di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang yang diasuh oleh Kyai Haji Yusuf Mansur. Saya dimasukkan ke Pesantren sejak kelas 1 SMP hingga Kelas 3 SMA. Karena kesungguhan ikhtiar yang dibarengi dengan tawakal alhamdulillah saya dapat menyelesaikan hafalan sebanyak 30 Juz dalam waktu 4 tahun, tepatnya di kelas 1 SMA. Selama tinggal di Pesantren banyak prestasi yang sudah dicapai, mulai prestasi antar kelas, antar sekolah, ataupun prestasi tingkat Nasional, berbagai lomba tilawatil Qur’an, hifdzil Qur’an, hingga murottal Al-Qur’an dapat diikuti dengan hasil yang cukup baik. selain mempunyai prestasi dibidang Al-Qur’an, saya juga mempunyai kelebihan dibidang dakwah berupa public speaking. Dengan latar belakang yang menyukai public speaking tersebutlah yang menjadi motivasi saya untuk memilih jurusan Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sedikit saya kisahkan perjalanan masuk PTN Setelah lulus dari SMA. Saya terpilih menjadi siswa eligible yang diberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri ke PTN lewat jalur SNMPTN. Saat terpilih menjadi siswa eligible saya mendaftarkan diri saya ke Universitas Islam Negeri Jakarta pada jurusan Sosiologi. Qodarullah saya belum diberikan kesempatan untuk bergabung di Universitas Islam Negeri Jakarta. Saat pembukaan tes masuk PTN lewat jalur SBMPTN dibuka saya memberanikan diri untuk mendaftarkan diri lagi ke Universitas Islam Negeri Jakarta jurusan Sosiologi lagi dan Universitas Singaperbangsa jurusan Hubungan Internasional. Alhamdulillah saya lulus di UIN Jakarta. Namun, saya juga sudah mendaftarkan diri juga ke Universitas Negeri Jakarta lewat jalur prestasi pada jurusan Ilmu Komunikasi. Diwaktu yang bersamaan saya juga mendaftarkan diri ke beberapa PTKIN lewat jalur UMPTKIN. Dijalur UMPTKIN saya mendaftarkan diri ke tiga PTKIN yaitu UIN Bandung, UIN Yogjakarta, dan juga UIN Jakarta dengan memilih jurusan Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk lulus diketiga jalur masuk PTN tersebut. Semua dapat dilalui dengan mudah tidak lain karena do’a dan ridho dari kedua orang tua.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Definisi-definisi Istilah dalam Bahasa Indonesia

29 September 2022   16:21 Diperbarui: 29 September 2022   16:26 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Laras, Warna, Nada dan Bias
a. Laras
Definisi : adalah penempatan penggunaan bahasa yang menyesuaikan dengan lawan bicaranya, diikuti dengan penggunaan body language yang bertujuan menegaskan topik yang sedang dibicarakan sehingga menciptakan keselarasan didalamnya.
Contoh : Saat berbicara dengan yang lebih tua kita menggunakan bahasa yang sopan atau lembut, ketika berbicara dengan teman sebaya menggunakan bahasa sehari-hari

b. Warna
Definisi : Ciri khas atau logat yang terkandung ketika seseorang berbicara
Contoh : Orang Jakarta ketika berbicara menggunakan logat Betawi

c. Nada
Definisi : Makna tersirat yang terkandung dalam ucapan seseorang dengan memperhatikan intonasi saat berbicara
Contoh : ketika seseorang berbicara dan ingin menyindir maka menggunakan bahasa yang lebih kuat/bahasa sindiran.

d. Bias
Definisi : Hak seorang penulis menyertakan atau tidaknya data/unsur pendukung dalam tulisannya/karyanya.
Contoh : seorang penulis yang tidak menyertakan pesan atau amanat pada tulisannya itu boleh karena hal tersebut bebas dilakukan sesuai kehendak penulis.

2. Wacana
Definisi : Kata atau tulisan yang teratur dan terstruktur sehingga menjadi satu pembahasan yang logis.
Contoh : Hutan lindung kebakaran. Premium di pom bensin sudah mulai jarang. Pemimpin perusahaan tersenyum ketika di Tanya penyidik. Hari minggu jalanan sangat sepi.

3. Paragraf atau Alinea
Definisi : Bagian dari wacana yang terdiri dari beberapa kalimat dan hanya membahas satu topik sehingga menjadi satu pernyataan yang utuh.
Contoh : Ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk lulus SBMPTN. Pertama, cari tahu materi-materi yang sering keluar di SBMPTN. Kedua, sering-seringlah latihan soal SBMPTN dari tahun sebelumnya. Ketiga, jangan malas untuk ikut les atau penambahan materi. Tips-tips lulus SBMPTN tersebut harus dilakukan dengan niat dan kemauan yang kuat supaya bisa lulus.

4. Posisi Tanda Petik
Definisi
Definisi : Tanda Petik bisa digunakan di tengah atau permulaan kalimat. Kalau dipakai ditengah maka sebelum tanda petik pembuka terdapat koma. Dan tanda petik penutup diakhir sebelumnya diawali tanda koma, titik, tanda seru dan tanda tanya menyesuaikan dengan dialog yang di bawakan.
Contoh :
Kemudian dia berkata, "maafkan aku ya."
"Dimana kamu menaruh uangku?"

5. Tema dan Judul
a. Tema : gagasan/bahasan pokok yang terkandung dalam suatu tulisan.
Contoh : Kebersihan

b. Judul
Definisi : Nama yang diberikan penulis pada karangannya yang diserap dari tema yang diangkat.
Contoh : Jagalah lingkungan sekitamu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun