Mohon tunggu...
Muhaimin
Muhaimin Mohon Tunggu... Lainnya - Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pekalongan

Saya adalah seorang praktisi pendidikan tepatnya adalah pengawas sekolah, disamping kesibukan aktifitas rutin saya juga suka menulis apa saja, puisi, cerpen, artikel populer dan kadang ilmiah juga. Sesuai dengan profesi saya sangat menyukai hal-hal yang terkait dengan pendidikan dan seni.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Self Healing dengan Berkaraoke sambil Menikmati Kopi Khas Pekalongan

27 September 2022   18:20 Diperbarui: 27 September 2022   18:25 68 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kesibukan aktifitas yang bertumpuk atau juga doi yang lagi kurang bersahabat bikin hati tak mau kompromi bawaannya pengin marah... marah... terus, semua jadi ndak fokus, teman juga enggak ada yang benar-benar peduli menghibur kita atau barangkali kita sendiri yang ambil posisi menyendiri. Nah.... Saat itulah kita perlu menenangkan pikiran jangan sampai sedih dan pusing terus kita pelihara. Ingat kalau kita terlalu terforsir bisa down dan sakit.

Berdiam diri di kamar dengan meluapkan segala gundah sambil teriak nyanyi-nyanyi sesuka hati dapat mengurai kepenatan yang menumpuk dan tentu hati terpuaskan.Tentu semua itu dilakukan hanya untuk mengurai keruwetan hati dan mengembalikan mood untuk kembali bergairah. Teman-teman pengin tahu kenapa bernyanyi bisa mengurangi resiko stress ?

Berikut manfaat bernyanyi sesuka hati

  1. Bernyanyi membuat hati senang dan bahagia, dengan bernyanyi maka nafas akan begerak lebih cepat sehingga asupan oksigen juga meningkat akibatnya aliran darah semakin lancar ini akan mempengaruhi semakin meningkatnya hormon endorfin dan dopamin, yaitu hormon yang membuat kita senang.
  2. Dengan bernyanyi akan semakin meningkatkan kerja paru-paru meningkatkan kapasitas paru-paru, mengontrol pernapasan, dan memperkuat otot sistem pernapasan, dengan paru-paru yang kuat dan optimal maka akan semakin membuat tubuh semakin sehat juga
  3. Bernyanyi akan mengurangi kesedihan hati apalagi kalau tema lagu yang kita pilih sesuai dengan suasana hati maka kesedian yang ada pada hati akan terlampiaskan maka rasa sedih pun akan hilang.

Untuk lebih membawa suasana senang dan rileks perlu juga teman-teman menikmati secangkir kopi, masing - masing daerah punya kopi yang khas begitu juga di daerah saya kopi khas pekalongan bisa dicoba aroma rasanya membuat tubuh menjadi rileks dan tenaga baru muncul kembali, dari berbagai literasi dan sudah menjadi perbincangan umum dengan minum kopi akan membawa manfaat :

  1. meningkatkan energi ini disebabkan didalam seduhan kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang meningkatkan kerja jantung sehingga aliran darah menjadi lancar.
  2. mengurangi resiko penyakit lzheimer yaitu penyakit neurodegeneratif yang paling umum . Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun, dan tidak ada obat yang diketahui, dengan meminum kopi katanya si.. bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.
  3. mengembalikan mood, Kafein mampu meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu penurunan depresi. Minum kopi dapat memberi emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kepuasan, persahabatan, dan ketenangan, dengan minum kopi juga mencatat bahwa tidak ada emosi negatif yang muncul karena konsumsi kopi.

Masih banyak manfaat dari minum kopi, dengan melakukan self healing berkaraoke sambil minum kopi maka lengkaplah sudah kita mengurai keruwetan hati untuk kembali bergairah melakukan aktifitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan